HEADLINE

2017-09-27T11:34:00.000Z

Partai Demokrat Sarankan Masyarakat Adukan Fahri Hamzah ke MKD

"Pada Selasa, 26 September 2017, empat fraksi di DPR yaitu Demokrat, Gerindra, PAN dan PKS menolak rencana perpanjangan masa kerja Pansus Hak Angket DPR terhadap KPK. "

Partai Demokrat Sarankan Masyarakat Adukan Fahri Hamzah ke MKD
Pimpinan sidang Fahri Hamzah menerima laporan dari Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunandjar di sidang paripurna DPR, Jakarta, Selasa (26/9/2017). (Foto: ANTARA/Wahyu Putro)

KBR, Jakarta - Wakil Ketua DPR dari Fraksi Demokrat, Agus Hermanto menyayangkan sikap koleganya sesama wakil ketua DPR Fahri Hamzah yang tidak mengakomodasi pendapat seluruh fraksi di sidang paripurna DPR, pada Selasa, 26 September 2017 kemarin. 

Saat itu, Fahri Hamzah memimpin sidang paripurna pengambilan keputusan terhadap laporan Panitia Khusus Hak Angket DPR terhadap KPK.

Agus Hermanto yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat menilai Fahri terlalu cepat mengambil keputusan untuk menerima laporan kerja Pansus.

Agus menduga Fahri melanggar prosedur dalam tata tertib pengambilan keputusan di sidang paripurna DPR. Sebab, Fahri tidak memberikan ruang kepada beberapa fraksi yang menolak laporan Pansus.

"Apabila ada perbedaan, harus dilaksanakan lobi fraksi terlebih dahulu. Setelah lobi fraksi nanti hasilnya disampaikan lagi kepada sidang paripurna bahwa hasil lobinya seperti ini, misalnya. Bisa saja disetujui dengan catatan dan lain sebagainya. Tapi kemarin ruang itu ngga ada seperti itu, sehingga cepat-cepat diketok," kata Agus di Komplek DPR, Senayan, Rabu (27/9/2017).

Agus menyerahkan sepenuhnya dugaan pelanggaran prosedur ini kepada mekanisme di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Ia menyarankan masyarakat yang merasa tidak berkenan dengan sikap Fahri Hamzah dalam memimpin sidang paripurna untuk melapor ke MKD.

"Yang jelas Demokrat dan anggota dewan merupakan subyek dari pembahasan sehingga tidak bisa melaporkan ke MKD," kata Agus.

Pada Selasa, 26 September 2017, empat fraksi di DPR yaitu Demokrat, Gerindra, PAN dan PKS menolak rencana perpanjangan masa kerja Pansus Hak Angket DPR terhadap KPK. 

Namun pendapat mereka tidak diakomodasi Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah selaku pimpinan Sidang Paripurna. Tiga fraksi yakni Gerindra, PKS dan PAN memutuskan walkout atau keluar dari ruangan Sidang Paripurna.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

  • Pansus Angket KPK
  • Pansus Hak Angket
  • pansus hak angket kpk
  • Pansus Angket
  • temuan pansus KPK
  • fahri hamzah
  • Mahkamah Kehormatan Dewan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!