Kemendagri: RUU Pilkada Tak Pengaruhi Calon Independen

KBR, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri memastikan pemilihan kepala daerah oleh DPRD menjamin orang non-partai maju mencalonkan diri.

BERITA

Sabtu, 13 Sep 2014 19:56 WIB

Author

Rio Tuasikal

Kemendagri: RUU Pilkada Tak Pengaruhi Calon Independen

ruu pilkada, calon independen, kemendagri

KBR, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri memastikan pemilihan kepala daerah oleh DPRD menjamin orang non-partai maju mencalonkan diri. Namun, Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri, Dodi Riatmaji mengatakan peluang untuk terpilih nantinya sangat kecil. Selain itu, selama ini belum banyak calon independen yang mencalonkan diri berhasil dalam pemilihan kepala daerah. (Baca: Menunggu Komitmen SBY soal RUU Pilkada)

"Toh sekarang juga, calon perseorangan atau yang independen itu hanya 5 orang se-Indonesia, dan jatuh semua. Bupati Karo, Bupati Garut, Bupati Banyuwangi, semua jatuh yang independen itu," ujar Dodi di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (13/9).

Selasa lalu, Wakil Ketua Komisi Pemerintahan DPR, Abdul Hakam Naja, juga menjamin calon independen tetap punya kesempatan. Mekanisme pendaftaran pun tidak berubah yakni menggalang dukungan partai politik, atau dukungan masyarakat melalui pengumpulan kartu tanda penduduk (KTP). (Baca: Anggota Panja RUU Pilkada: Taruhannya adalah Kedaulatan Rakyat)

(Editor: Nanda Hidayat)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 15

Menguasai Manajemen Amarah

Kabar Baru Jam 7

Wacana Jokowi Presiden 3 Periode