Sekolah Ini Awasi Sosial Media Muridnya

Sekolah di California tak hanya memantau muridnya saat mereka berada di sekolah .

Rabu, 25 Sep 2013 17:38 WIB

Author

Vivi Zabkie

Sekolah Ini Awasi Sosial Media Muridnya

sosial media, california, kebijakan, sekolah

Sekolah di California tak hanya memantau muridnya saat mereka berada di sekolah tapi juga memantau kegiatan mereka di sosial media. 


Sekolah Glendale Unified menandatangani kesepakatan pada Agustus lalu dengan penyedia layanan pantauan pada sosial media Geo Listening. Layanan Geo Listening mampu menemukan setiap tanda-tanda masalah pada sosial media yang mereka pantau. Masalah itu misalnya status atau kicauan yang menunjukkan tanda-tanda depresi, bullying atau bahkan kata-kata kebencian. Lewat pantauan ini diharapkan pihak sekolah bisa mencari langkah-langkah yang tepat untuk menangani masalah yang dihadapi muridnya. 


Perjanjian antara sekolah Glendale Unified dengan Geo Listening ini adalah yang pertama, belum ada sekolah lain yang dilaporkan menggunakan layanan macam ini untuk memantau muridnya. 


Perusahaan Geo Listening hanya melihat posting yang ditujukan untuk publik, jadi akun Facebook dan Twitter yang tertutup tidak akan masuk dalam laporan mereka. Perusahaan ini menyatakan tidak ada privasi yang dilanggar dalam proses pengumpulan data. 


Memantau murid saat di luar sekolah terdengar seperti melanggar batas kewenangan, tapi pihak sekolah seperti dalam wawancara dengan CNN menyatakan kerjasama ini telah membantu mereka menemukan tanda-tanda masalah. Salah satunya adalah saat seorang murid yang berbicara di dunia maya tentang rencana bunuh diri. Menurut pengelola sekolah, berkat pantauan itu, nyawa murid tersebut selamat.


Nah, bagaimana menurut sobat teen, apakah perlu sekolah memantau kegiatan sosial mediamu? (mashable)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Jaksa Agung Diminta Klarifikasi Pernyataan bahwa Tragedi Semanggi I-II Bukan Pelanggaran HAM Berat