Rekor Tak Terkalahkan Medina Terhenti

Medina yang berusia 16 tahun ini membuat kesalahan fatal ketika kemenangan sudah di depan mata.

Jumat, 20 Sep 2013 14:48 WIB

Author

Doddy Rosadi

Rekor Tak Terkalahkan Medina Terhenti

Catur, Medina Warda Aulia, Turki, Catur Yunior

Terlalu semangat, kita terkadang hilang konsentrasi. Pernah kan mengalaminya? Nah, Medina Warda Aulia pecatur andalan kita mengalami saat berlaga pada babak ketujuh Kejuaraan Catur Junior Dunia (World Junior Chess Championship) di Kocaeli, Turki, Kamis (19/9).  Karena terlalu semangat itu, Medina yang berusia 16 tahun ini membuat kesalahan fatal ketika kemenangan sudah di depan mata.
Pada langkah ke-28, Medina mulai melakukan kesalahan demi kesalahan. Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem mengatakan, seharusnya pada langkah ke-30 Medina bisa menawarkan remis yang kemungkinan besar akan diterima oleh Bulmaga. Karena, Medina masih mempunyai waktu berpikir  sekitar 46 menit sementara lawannya sudah tinggal 9 menit.

“Sayang itu tidak dilakukan Medina, dan dia mulai membuat kesalahan lagi pada langkah ke-31, dan paling fatal blunder pada langkah ke-32. Tapi sudahlah, tadi sudah kami analisis secara detail semuanya, dan pertandingan masih ada enam babak lagi, masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi," hibur Scherbakov, pelatih tim catur Indonesia, seperti yang disampaikan oleh Kristianus Liem dalam keterangan pers yang diterima KBR68H, Jumat (20/9).

Meski kalah, peringkat Medina pada klasemen sementara masih berada di peringkat kedua dengan 5,5 poin di bawah WGM Irina Bulmaga (2387) dari Rumania yang mengalahkannya. Bulmaga kini sendirian di puncak klasemen dengan 6 poin.
 
“Kubu Indonesia cukup terpukul dengan kekalahan tersebut karena Medina sudah diwanti-wanti jika merasa pusing seperti ketika melawan WGM Wang Jue di babak keempat, atau merasa situasi sudah tidak terkendali, maka hasil remis sudah bagus mengingat rating Bulmaga jauh di atas dirinya,”kata Liem.  Akibat kekalahan ini juga rekor Medina tak terkalahkan jadi terhenti deh. Hmmm, tapi Medina, tetap semangat yah!
Berdasarkan undian babak kedelapan yang akan dimulai Sabtu (21/9) pukul 15.00 waktu setempat (pukul 19 WIB),  Medina berjumpa dengan Padmini Rout dari India dan bermain di meja tiga.. Hari Jumat tidak ada pertandingan. Peserta akan diajak berwisata di seputar Kocaeli. (KBR68H)


Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Virus Corona Bunuh 80 Orang, Indonesia Belum Keluarkan Travel Ban