BERITA

MCW dan ICW Dukung Transparansi keuangan Parpol

"KBR68H, Malang "

MCW dan ICW Dukung Transparansi keuangan Parpol
MCW, ICW, Transparansi keuangan Parpol

KBR68H, Malang – Malang Corruption Watch (MCW ) bekerjasama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW) mendorong adanya transparansi dan akuntabilitas sistem keuangan pada partai Politik Se-Jawa Timur. Dosen Fakultas Hukum Universitas Kanjuruhan Malang yang juga juru bicara MCW Didik Sukriono mengatakan, berdasarkan survey, institusi yang paling korupsi adalah partai politik. Karena salah sebabnya tidak transparansinya pengelolaan pendanaan partai politik. (Baca: Akuntan Publik: Banyak Dana Parpol yang Tak Dilaporkan) 

“ Institusi yang paling banyak melakukan korupsi itu kan partai politik salah satu sebabnya adalah tidak transparansinya pengelolaan pendanaan partai politik baik itu untuk menghidupi institusinya maupun juga untuk kampanye“

Dosen Fakultas Hukum Universitas Kanjuruhan Malang, Didik Sukriono menambahkan tujuan dari laporan transparansi dan akiuntabilitas keuangan parpol agar public bisa tahu dari mana sumber keuangan sebuah parpol. Pentingnya transparansi dan akuntabilitas keuangan parpol tidak lepas dari maraknya korupsi politik yang terjadi akhir-akhir ini. seperti korupsi wisma atlet dan impor daging sapi. MCW juga sudah mengirimkan surat permohonan informasi laporan keuangan dan realisasi program dari tahun 2011  kepada 9 parpol besar. Namun hingga kini belum ada balasan dari satu partaipun.(Baca: Sumber Dana Parpol Bukan Informasi Rahasia)

Editor: Nanda Hidayat

  • MCW
  • ICW
  • Transparansi keuangan Parpol

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!