BERITA

Larangan Konsumsi Sirip Hiu Kemungkinan dalam Bentuk Pergub

"KBR68H, Jakarta - Pemerintah Jakarta sedang menyiapkan peraturan daerah untuk melarang siapapun yang menkonsumsi sirip hiu. Para pemotong sirip hiu dinilai kejam karena hanya mengambil siripnya dan melepasnya kembali ke laut."

Doddy Rosadi

Larangan Konsumsi Sirip Hiu Kemungkinan dalam Bentuk Pergub
konsumsi, sirip hiu, larangan, jakarta

KBR68H, Jakarta - Pemerintah Jakarta sedang menyiapkan peraturan daerah untuk melarang siapapun yang menkonsumsi sirip hiu. Para pemotong sirip hiu dinilai kejam karena hanya mengambil siripnya dan melepasnya kembali ke laut. Berbagai kota besar di dunia sudah melarang konsumsi sirip hiu. Bahkan Cina yang awalnya mempromosikan raja-raja makan sirip hiu pun sudah tidak menjual. Bagaimana bentuk perda tentang pelarangan konsumsi sirip hiu? Simak perbincangan penyiar KBR68H Arin Swandari dan Rumondang Nainggolan dengan juru bicara Pemprov DKI Jakarta Eko Haryadi dalam program Sarapan Pagi.

Untuk melindungi apa yang akan dilakukan pemprov?

Mestinya yang dilakukan adalah sebatas apa yang dimiliki pemprov, kewenangan. Misalnya melarang penjualan sirip hiu, melarang orang untuk menjual.

Tapi bisa diam-diam juga bagaimana?

Iya itu polisi juga sudah melarang menjual minuman keras tapi tetap ada.

Nanti bentuknya pergub atau perda?

Masih sangat dini ya. Tapi bisa berupa pergub atau perda kalau arahnya nanti bentuknya adalah pengaturan, kalau mau cepat mungkin lewat pergub. Saya pikir ini sudah masalah semua orang, tanpa ada pengaturan pun sudah sangat wajar mulai menghimbau.
 
Sebelum pergub jadi apa yang sudah dilakukan pemprov?

Kalau sementara yang bisa dilakukan lebih kepada menghimbau saja. Jadi kalau yang bicara wakil gubernur gaungnya lebih baik, karena dia figur dikenal bersih, komit, tegas, konsisten.
 
Kira-kira aturan ini keluar kapan?

Belum tahu.

Merancang pergub ini pemprov sudah mengajak siapa?

Saya melihat pak wakil dipilih oleh WWF juga tidak lepas ya WWF melihat pak wakil punya komitmen yang kuat atas hal-hal ini.
 
Berarti ajakannya sudah lama ya?

Kalau isu tentang sirip hiu ini sudah lama. Kalau data FAO disebut ada 8 ribu ton sirip hiu kering diperdagangkan global setiap tahun.
 
Itu sirip saja?

Iya.  

  • konsumsi
  • sirip hiu
  • larangan
  • jakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!