Bagikan:

Cek Fakta : Foto dengan Narasi soal Pasangan Memumifikasi Janinnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 23 -29 Juli 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID

Selasa, 02 Agus 2022 18:13 WIB

Author

Tim Cek Fakta

 Cek Fakta : Foto dengan Narasi soal Pasangan Memumifikasi Janinnya?

Cek Fakta : Foto dengan Narasi soal Pasangan Memumifikasi Janinnya

Sebuah akun Twitter mengunggah cuitan berupa foto yang diklaim bahwa pasangan dalam foto tersebut memumifikasi bayi mereka. Dalam gambar tersebut dijelaskan bahwa bayi mereka yang sudah diaborsi kemudian ditaruh ke dalam kapsul untuk ditunjukkan kepada orang-orang mengenai dukungan pasangan tersebut terhadap legalisasi aborsi di seluruh dunia. Konten yang dimaksud dapat ditengok di akun Instagram @TURNBACKHOAXID. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 23 -29 Juli 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Foto seolah Wakil Presiden Maruf Amin Mengenakan Hoodie, Celana Loreng, serta Sepatu Snikers

Sebuah akun Facebook mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan Wakil Presiden Maruf Amin mengenakan pakaian bernuansa anak muda seperti kupluk, hoodie, celana loreng, serta sepatu snikers. 

Narasi yang Mengklaim Nama Asli Bruce Lee adalah Badruddin Rusli

Sebuah Akun Twitter mengunggah sebuah narasi yang menyatakan bahwa nama asli Bruce Lee adalah Badruddin Rusli. Narasi tersebut juga menyatakan bahwa nama “Bruce Lee” sendiri didapatkan dari singkatan nama “B. Rusli”.

Foto dengan Narasi soal Pasangan Memumifikasi Janinnya

Sebuah akun Twitter mengunggah cuitan berupa foto yang diklaim bahwa pasangan dalam foto tersebut memufikasi bayi mereka. Dalam gambar tersebut dijelaskan bahwa bayi mereka yang sudah diaborsi kemudian ditaruh ke dalam kapsul untuk ditunjukkan kepada orang-orang mengenai dukungan pasangan tersebut terhadap legalisasi aborsi di seluruh dunia.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca juga:

Cek Fakta : Video dengan Narasi Kebakaran SPBU Akibat Bayar Pakai HP pada 1 Juli 2022

Cek Fakta: WNA dari Tiongkok Penghuni IKN Berdatangan dengan Pakaian Adat Dayak Kalimantan?

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Komunitas Biboki Lestarikan Tenun Ikat Tradisional

Living Law, Apa Dampaknya Jika Masuk dalam RKUHP?

Kabar Baru Jam 10