Share This

Relawan Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) Sepakat Dukung Jokowi-Ma'ruf

Koalisi Jokowi-Ma'ruf Sambut Baik Dukungan GNR.

BERITA , NASIONAL

Kamis, 23 Agus 2018 16:02 WIB

Deklarasi Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) mendukung Jokowi-Ma'ruf (Foto: KBR/Win)

KBR, Jakarta - Relawan Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai capres dan cawapres 2019-2024. Ketua GNR, Dondi Rivaldi mengatakan, dukungan itu berdasarkan hasil amatan mereka terhadap ketercapaian pembangunan era Jokowi. Karena itu relawan menghendaki kepemimpinan Jokowi berlanjut hingga dua periode.

Meski begitu, GNR mengaku belum pernah melangsungkan komunikasi dengan Gatot Nurmantyo selaku tokoh yang sebelumnya juga pernah mereka usung untuk maju sebagai capres, pada 6 April 2018 lalu.

"Kami akan berdiskusi (dengan Gatot Nurmantyo), menyampaikan apa yang menjadi kesepakatan teman-teman dari Relawan GNR untuk mendukung pasangan Bapak Jokowi dan Bapak Kyai Haji Ma'ruf Amin," kata Dondi usai deklarasi di Kafe Kopi Politik Paku Buwono Jakarta, Kamis (23/8).

Deklarasi ini merupakan sikap independen dari Relawan GNR. Terkait keputusan lanjutan apabila dukungan kemungkinan ditolak oleh kelompok Jokowi-Ma'ruf, GNR tak bisa berandai-andai kemungkinan berpindah dukungan ke pasangan Prabowo-Sandi. Sementara saat ini, tim sukses pasangan Jokowi-Ma'ruf sudah dibentuk, dan dipastikan sudah mulai berjalan.

Sejauh ini, pernyataan sikap yang mereka utarakan sebatas hasil musyawarah Relawan GNR yang diklaim berada di 34 provinsi, dan meliputi kalangan buruh, petani, nelayan, mahasiswa, dan kaum perempuan.

Baca juga: 


Koalisi Jokowi-Ma'ruf Sambut Baik Dukungan GNR

Wakil Ketua Tim Pemenangan pasangan capres Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Moeldoko, menyambut baik deklarasi dukungan dari GNR, untuk Pilpres 2019.

Meski begitu, Moeldoko mengaku relawan Gatot belum menyampaikan dukungan untuk Jokowi-Maruf secara resmi. Tapi kata dia, bisa saja relawan Gatot tersebut sudah berkomunikasi dengan anggota tim pemenangan lain, untuk mengarahkan dukungan ke Jokowi-Ma'ruf.

"Semua yang memberikan dukungan positif kan. Meski belum ada pernyataan resmi ke kami. Intinya siapapun yang mendukung, ya positif, dong. Sebanyak-banyaknya. Iya, enggak?" kata Moeldoko di Jakarta, Kamis (23/8).

Moeldoko juga mengatakan, ia belum bertemu dengan anggota relawan Gatot untuk membicarakan Pilpres 2019. Meski begitu, Moeldoko memastikan koalisi Jokowi-Ma'ruf sangat terbuka dengan setiap dukungan yang merapat. Soal rencana bergabungnya relawan Gatot ke kubu Jokowi-Maruf, Moeldoko pun mengaku belum bisa memperkirakan potensi penambahan suara yang bakal terhimpun pada Pilpres mendatang.

Editor: Fajar Aryanto 

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.