Share This

Khutbah Idul Adha di Masjid Istiqlal Serukan Silaturahmi dan Kikis Intoleransi

BERITA , NASIONAL

Rabu, 22 Agus 2018 10:41 WIB

Presiden Joko Widodo memberikan seekor sapi kepada pengurus masjid Baitul Faidzin, CIbinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/8). (Foto: ANT/Yulius Satria W)

KBR, Jakarta- Pelaksanaan salat Idul Adha 1439 H di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (22/8) dilaksanakan dengan khusyu. Bertindak selaku imam, Dirjen Bimas Islam Ahmad Husni Ismail, dengan khatib Ketua Umum PB Al Washliyah, Yusnar Yusuf Rangkuti. Tema khutbah kali ini adalah Merajut Silaturahmi Mengikis Intoleran.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan tema khutbah menjadi sangat relevan dengan kondisi bangsa saat ini. Menurutnya silaturahmi harus tetap dijaga meskipun berbeda pilihan dalam pemilihan umum kepala daerah, anggota legislatif, Presiden dan Wakil Presiden.

"Karena tahun ini adalah tahun pemilu, Pemilukada dan seterusnya. Jadi sudah seharusnya kita merujuk kembali pada jati diri kita masing-masing bahwa Indonesia itu satu. Bangsa kita satu dan tidak ada orang lain, karena semuanya adalah kita," kata Nasaruddin usai pelaksanaan salat kepada Gilang Ramadhan dari KBR, Rabu (22/8).

Nasarudin juga berharap, khutbah yang disampaikan Yusnar bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat di tengah tahun politik. Jangan sampai ada perpecahan karena berbeda pilihan politik. Inti pesan khutbah tersebut sesuai dengan fungsi masjid yang memberi kesejukan bagi segenap umat.

"Begitu masuk ke masjid, apalagi Masjid Istiqlal, kita menyatu. Hilanglah semua warna lokal dan insya Allah, masjid ini akan menjadi penjaga umat sekaligus menjaga amanah bangsa," ujar Nasaruddin.

Pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal ini diikuti Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istri Mufidah Jusuf Kalla. Tampak pula Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, juga Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Presiden Joko Widodo Salat Idul Adha di Bogor

Sementara itu, Presiden Joko Widodo pagi tadi menunaikan ibadah salat Idul Adha di Lapangan Tegar Beriman, Kompleks Pemkab Bogor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Jokowi hadir di lapangan pada pukul 06.15 wib, dan tampil mengenakan kemeja putih berbalut jas hitam, bersarung hitam dengan motif, serta mengenakan peci hitam. 

Shalat Id di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor ini diimami Pimpinan Pondok Pesantren Madrosatul Qur'an Al-Falak, Ciomas, H Zaenal Abidin. Bertindak selaku khatib, KH Suhendra. (*)

Editor: Fadli Gaper 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.