Share This

Aksi Saling Dukung Perempuan Muda lewat CeweQuat Community

“Visi-misinya kita sendiri adalah sebisa mungkin menekan angka perceraian, sebisa mungkin menekan kekerasan, sehingga perempuan-perempuan bisa punya self image yang lebih sehat."

BERITA , NASIONAL

Selasa, 21 Agus 2018 14:48 WIB

Kegiatan sharing Komunitas CeweQuat

KBR, Jakarta - Kesehatan mental perempuan yang rendah, ditambah adanya kekerasan dalam menjalin hubungan ataupun pelecehan terhadap perempuan, seringkali menjadi isu perbincangan di masyarakat.

Saat ini mulai banyak komunitas ataupun gerakan-gerakan yang yang memperjuangkan hak-hak perempuan serta kesetaraan gender. Bahkan ada komunitas yang kini fokus terhadap kesehatan mental perempuan.

Salah satunya komunitas yang menyebut diri dengan nama CeweQuat Community. Komunitas ini berdiri sejak 2012.

Komunitas CeweQuat fokus mempromosikan kesehatan mental perempuan dan mengenalkan pentingnya sistem pendukung untuk perempuan, terutama mereka yang bermasalah dengan pengenalan diri sendiri dan isu terkait tentang kekerasan dalam pacaran atau pelecehan.

Komunitas yang digawangi perempuan bernama Bunga Mega ini juga banyak menyoroti kaum perempuan muda yang belum menikah.

"Di tahun ke tujun dan ke depannya, kami fokus untuk mendesain ulang visi misi kita. Dan kayaknya kita melihat ini isu yang sangat concern banget, ya, buat perempuan-perempuan muda," kata Bunga.

Banyaknya angka perceraian menjadi salah satu alasan CeweQuat menggalakkan pentingnya support system untuk sesama perempuan.

Bunga berpendapat banyak kasus perceraian terjadi karena ketidaktahuan tentang diri sendiri serta bagaimana cara menghadapi kekerasan atau pelecehan yang dapat berdampak buruk bagi hubungan atau dalam membina keluarga.

Ia berharap komunitas yang berawal dari blog pribadi ini dapat mengedukasi perempuan muda dan mengurangi angka perceraian.

"Visi-misinya kita adalah sebisa mungkin menekan angka perceraian. Sebisa mungkin menekan kekerasan, sehingga perempuan-perempuan bisa punya self image yang lebih  sehat. Punya kesehatan mental lebih sehat, dan mereka juga bisa berkonstribusi lah di lingkungannya. Nah buat saya, kalau mereka belum menikah, kesempatan untuk mencegahnya itu jauh lebih besar," kata Bunga.

Komunitas CeweQuat biasanya berupa pertemuan langsung, ataupun online. Selain itu CeweQuat juga menyediakan platform online untuk membentuk koneksi dan kolaborasi yang akan memberdayakan para perempuan Indonesia lewat situs dan media sosial mereka.

Salah satu pertemuan dilakukan CeweQuat Community adalah TableTalk yang akan ada di 11 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bekasi, Tanggerang, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Jambi, Makassar, Manado dan Malawi.

TableTalk merupakan acara mengobrol singkat atau saling sharing. Tujuannya untuk saling mendukung sesama perempuan di kota mereka. Biasanya acara sharing hanya terdiri dari 5-10 orang, agar lebih intensif.

Sebelum mengadakan acara sharing tersebut, anggota CeweQuat yang tergabung dalam CeweQuat Sisterhood juga harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu, yang kurang lebih dilakukan sebanyak delapan kali.

Disadur dari berbagai sumber.

Editor: Agus Luqman
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.