BERITA

Kofi Annan Minta RI Bantu Tangani Krisis Rohingya

Kofi Annan Minta RI Bantu Tangani Krisis Rohingya

KBR, Jakarta - Bekas Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Kofi Annan meminta Indonesia turut membantu menangani krisis Rohingnya di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan permintaan itu disampaikan langsung oleh Kofi Annan ketika menghubunginya beberapa waktu lalu. Kofi Annan saat ini memimpin Dewan Penasihat Independen negara bagian Rakhine.


"Kalau kita lihat dari temporary report yang dikeluarkan Agustus yang lalu, apa yang dilakukan Indonesia hampir tepat very well dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh komisinya Kofi Annan. Oleh karena itu, harapan dari Kofi Annan sangat besar sekali bahwa Indonesia dapat membantu mengimplementasikan rekomendasi-rekomendasi yang ada di dalam laporan Kofi Annan," kata Retno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/8/2017).


Menyangkut krisis yang menimpa etnis Rohingya, Retno mengatakan ia sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak, termasuk membahas situasi terkini bersama penasihat keamanan nasional Myanmar, Aung San Su Kyi.


Retno mengatakan ia juga telah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Bangladesh dan meminta agar turut membantu menangani pengungsi Rohingya.


"Bagaimanapun juga Bangladesh dan Myanmar harus melakukan kerja sama yang baik dalam penanganan, khususnya penanganan pengungsi. Tanpa kerja sama yang baik, akan sulit penanganan pengungsi ini dilakukan," kata Retno.


Menteri Retno Marsudi berencana mengunjungi Myanmar dalam waktu dekat. Rencana itu, kata Retno, sudah mendapat persetujuan Presiden Joko Widodo.


Retno menegaskan, Indonesia tetap mendorong agar kekerasan di Rakhine State segera dihentikan. Semua pihak diminta mengedepankan masalah kemanusiaan.


"Semua kekerasan harus dihentikan, karena sekali lagi yang akan menjadi korban adalah warga sipil," kata Retno.


Konflik di negara bagan Rakhine Myanmar kembali pecah pekan lalu, dengan bentrokan senjata antara kelompok militan Rohingya dengan pasukan keamanan Myanmar. Sedikitnya 89 orang tewas. Konflik ini memaksa ribuan warga sipil muslim Rohingya mengungsi ke perbatasan Bangladesh.


Editor: Agus Luqman 

  • Rohingya
  • pengungsi Rohingya
  • Rohingya Myanmar
  • Rohingya Aceh
  • muslim rohingya
  • Hari Rohingya Dunia
  • Rakhine
  • Rakhine State
  • Negara Bagian Rakhine

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!