BERITA

Investor Jepang Bakal Pindahkan Pabrik Pengolahan Ikan dari Thailand ke Indonesia

Investor Jepang Bakal Pindahkan Pabrik Pengolahan Ikan dari Thailand ke Indonesia

KBR, Jakarta - Sejumlah investor asal Jepang berencana membangun pabrik pengolahan ikan di Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan salah satu perusahaan Jepang itu adalah Itochu Corporation. Pabrik itu, kata Susi, bakal pindahkan pabrik pengolahan ikan dari Thailand ke Indonesia karena bahan baku di Thailand sudah berkurang.


Itochu Corporation merupakan perusahaan perdagangan terbesar ketiga di Jepang, dan termasuk salah satu dari tiga perusahaan penjual ikan jenis tuna terbesar di dunia. Perusahaan ini memiliki divisi produksi makanan, yang sejak 2012 khusus mengolah tuna, udang, gurita, cumi-cumi maupun produk makanan laut lainnya.


Kondisi itu, menurut Susi, menjadi mepotensi bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor produk olahan ikan.


"Yang sudah confirm itu Itochu. Mereka akan memindahkan processing-nya dari Thailand ke Indonesia. Namun PR kita masih ada karena ternyata produk pengolahan ikan dari Thailand ke Jepang itu impor tarifnya nol. Tapi kalau dari Indonesia kena tujuh persen," kata Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jumat (25/8/2017).


Susi mengatakan, pemindahan pabrik milik Itochu ke Indonesia masih terkendala tarik impor dari Indonesia ke Jepang. Saat ini Jepang menerapkan tarif impor dari Indonesia sebesar tujuh persen. Perusahaan Itochu sedang membujuk Pemerintah Jepang agar menurunkan tarif impor dari Indonesia.


"Mereka minta ke Pemerintahnya sendiri supaya tarif impor di nol-kan, karena kalau tidak, maka pindah ke Indonesia lebih berat karena keuntungannya berkurang," ujar Susi.


Menteri Susi menambahkan perusahaan Itochu tertarik membangun pabrik pengolahan pabrik ikan di Indonesia karena hasil tangkapan ikan di Indonesia sangat berlimpah. Beberapa ikan yang akan diolah diantaranya ikan tuna, ikan kakap, dan gurita.


"Mereka juga akan memperkuat cabang anak usahanya di sini yaitu PT Aneka Tuna," kata Susi.


Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

  • pabrik pengolahan ikan
  • pengolahan ikan
  • investor jepang
  • ikan Tuna
  • produk olahan tuna
  • makanan berbahan ikan
  • olahan ikan
  • makanan olahan ikan
  • perikanan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!