Kemiskinan Jadi Penyebab Utama Gizi Buruk di Bondowoso

Angka penderita gizi buruk di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, masih tergolong tinggi. Hingga bulan Juli 2014, Dinas Kesehatan Pemkab Bondowoso mencatat ada sekitar 140 penderita gizi buruk.

NUSANTARA

Senin, 04 Agus 2014 13:37 WIB

Author

Friska Kalia

Kemiskinan Jadi Penyebab Utama Gizi Buruk di Bondowoso

Gizi Buruk di Bondowoso

KBR, Bondowoso – Angka penderita gizi buruk di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, masih tergolong tinggi. Hingga bulan Juli 2014, Dinas Kesehatan Pemkab Bondowoso mencatat ada sekitar 140 penderita gizi buruk.
 
Sementara data sepanjang tahun 2013, penderita gizi buruk mencapai 226 kasus. Menurut Kepala Seksi Gizi, Dinas Kesehatan, Taufik kata Taufik saat ditemui KBR di Dinas Kesehatan Bondowoso, tingginya angka kemiskinan menjadi faktor utama masih banyaknya penderita gizi buruk.
 
“Tahun 2013 ada 226 kasus, sekarang sudah 140 kasus. Faktor penyebabnya karena kemiskinan atau faktor ekonomi,” Taufik saat ditemui KBR di kantornya, Senin (4/8).
 
Menurut Taufik, pencegahan dan penanganan gizi buruk tidak bisa hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan namun harus melalui kerja sama lintas sektoral. Untuk Dinas Kesehatan sendiri, kata dia, telah melakukan penyuluhan serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT).
 
Selain itu, kurangnya pemahaman orang tua juga masih penyebab tingginya angka gizi. Taufik mengimbau kepada seluruh orang tua untuk rutin memeriksakan anak ke Posyandu untuk mengetahui adanya tidaknya gejala gizi buruk.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun