Agar Transparan, Seleksi CPNS Gunakan CAT

Itu salah satu instrumen teknologi agar seleksi CPNS tesnya berjalan fair, objektif, akuntabel, transparan.

BERITA

Senin, 25 Agus 2014 17:10 WIB

Author

Vitri Angreni

Agar Transparan, Seleksi CPNS Gunakan CAT

KemenPAN RB, CPNS, seleksi, CAT

KBR, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) membuka pendaftaran secara online seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014, melalui portal nasional Panselnas pada hari ini (20/8).

Juru Bicara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Herman Suryatman, mengatakan agar proses penerimaan ini berjalan bersih dan profesional, kementerian akan menerapkan Cat (Computer Assisted Test).

Dalam Program Sarapan Pagi KBR (20/8), Herman mengatakan simulasi CAT tersedia secara online agar masyakat bisa belajar menggunakannya.

Persiapan pendaftaran CPNS online terutama server apa sudah oke?

“Jadi rencananya hari ini tanggal 20 Agustus 2014 pendaftaran online secara terintegrasi akan mulai dilaksanakan dan kami masih menunggu konfirmasi dari Panselnas. Jadi sementara on schedule hanya waktunya mulai jam berapa akan kami informasikan, saya kira masyarakat bisa langsung mengakses di portal nasional.”

Apa yang dijanjikan adalah bersih, profesional, tanpa korupsi, transparan, dan akuntabel. Bentuknya bagaimana pengawasannya?

“Salah satunya dengan menerapkan CAT (Computer Assisted Test) ini awalnya didesain oleh BKN dan sekarang distandarisasi oleh Panselnas, BKN. Itu salah satu instrumen teknologi bagaimana pelaksanaan seleksi CPNS tesnya berjalan fair, objektif, akuntabel, transparan.”

“Karena sifatnya realtime jadi anak-anak kita, putra-putri terbaik bangsa nanti mengikuti seleksi dan setelah selesai mengerjakan maka para peserta bisa langsung melihat hasilnya. Tentu ini tidak bisa dimanipulasi sehingga nanti tunggu passing grade, apabila di atas passing grade yang bersangkutan lolos seleksi tes kompetensi dasar.”

Khusus para pelamar jatahnya berapa banyak?


“Setiap pelamar hanya bisa melamar satu instansi mau pusat atau daerah. Tapi di dalam satu instansi dimungkinkan memilih tiga pilihan.”

Secara nasional berapa banyak formasi yang dibuka?

“Yang dibuka untuk CPNS itu ada 65 ribu rencananya, baik untuk pusat maupun daerah. Perlu kami informasikan juga siang ini simulasi CAT akan kita launching secara online. Jadi putra-putri kita, masyarakat dimanapun berada kapan pun berada bisa berlatih di simulasi CAT secara online di situs KemenPAN, BKN, dan media partner. Media partner kita liputan6.com, jpnn.com, sindonews.com, dan jobsdb.com. Untuk latihan, makin banyak latihan makin bagus dan tidak dipungut biaya.”

“Ini salah satu wujud akuntabilitas dari kementerian kami dan BKN dengan kebijakan penerapan 100 persen CAT tentu ada persiapan masyarakat. Makanya sosialisasi kami antara lain melalui simulasi CAT online, saya kira ini satu terobosan yang mudah-mudahan bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi legasi dari pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II untuk pemerintahan ke depan agar lebih baik lagi.”  

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18