BERITA

R.I.P.D: Polisi yang Bertugas Menangkap Orang Mati

"KBR68H, Jakarta - Pada suatu malam, Nick, seorang polisi Boston mengubur bongkahan emas, yang tak sengaja ia dapatkan saat penggrebekan kasus narkoba bersama rekan kerjanya, Bobby."

Ratih Cahaya & Yuthi Fatimah

R.I.P.D: Polisi yang Bertugas Menangkap Orang Mati
RIPD, Jeff Bridges, Ryan Reynolds

KBR68H, Jakarta - Pada suatu malam, Nick, seorang polisi Boston mengubur bongkahan emas, yang tak sengaja ia dapatkan saat penggrebekan kasus narkoba bersama rekan kerjanya, Bobby. Esok harinya, Nick berencana untuk mengembalikan emas itu kepada pihak berwajib. Namun, rencana itu dihalangi oleh Bobby, dan membujuknya untuk tetap menyimpan emas itu untuk kekayaan mereka.

Nick tidak setuju terhadap rencana itu. Oleh karena itu, Bobby menembak Nick di gudang, saat mereka sedang memburu penjahat. Ajaibnya, Nick tidak mati. Ia melihat dunia seketika berhenti. Lalu tubuhnya terangkat ke langit melewati sebuah lubang, dan terduduk di kursi dalam sebuah ruangan.

Di situlah, hidupnya sebagai polisi dimulai kembali. Nick bertugas di Rest In Peace Department untuk menangkap orang-orang mati yang masih berkeliaran di bumi, yang dijuluki Deado. Departemen itu juga merupakan penjara bagi deado. Sebagai pemula, Nick tidak sendiri, ia ditemani oleh seorang lelaki tua bernama Roy.

Nick pun turun ke bumi bersama Roy. Sebelum bertugas, ia menghadiri pemakaman dirinya dan berusaha berbicara kepada istrinya, Julia. Tapi, Julia tak mengenalinya lagi, karena ketika di bumi, wujud Nick berubah menjadi kakek Cina. Ia pun dihadang dan disuruh oleh para polisi yang berada di sana.

Lalu Nick mulai menjalankan tugasnya. Lima belas tahun hidup menjadi polisi, membuat Nick yakin dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Namun, menangkap orang mati yang berwujud manusia tidaklah semudah itu. Dari deado pertama yang ia tangkap, Nick mendapat bongkahan emas. Ia merasa emas itu ada hubungannya dengan emas yang dulu ia temukan.

Tak disangka, pada pemburuan deado selanjutnya, Nick mendapati Bobby memiliki hubungan dengan deado terkait emas tersebut. Setelah diselidiki, ternyata bongkahan-bongkahan emas itu jika disatukan akan menjadi Tiang Jerikho yang dapat membuat semua deado yang dipenjara, bisa turun lagi ke bumi. Bersama Roy, Nick berusaha menghentikan misi pembangunan Tiang Jerikho, yang bisa mengacaukan dunia.

Film ini menampilkan ketegangan sekaligus aksi kocak perburuan deado. Dialog yang tercipta antara Nick dan Roy pun sering mengundang tawa penonton. Film bergenre supernatural komedi ini diangkat dari komik karya Peter M. Lenkov dengan judul yang sama. Tidak hanya diangkat menjadi film, Rest In Peace Department (R.I.P.D) juga dibuat dalam bentuk game untuk Microsoft Windows, Playstation 3, Xbox 360.

Film R.I.P.D rilis di Amerika pada tanggal 16 Juli 2013. Meskipun mendapat kritikan buruk, film yang disutradarai oleh Robert Schwentke ini, telah meraih pemasukan sekitar 59 juta dolar. Dibintangi oleh Ryan Reynolds dan Jeff Bridges, film ini bisa menjadi tontonan hiburan di akhir pekan.

  • RIPD
  • Jeff Bridges
  • Ryan Reynolds

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!