covid-19

Profesor Australia: 5 Juta Tahun Lagi Pria Akan Punah

Bagaimana kalau di dunia ini tidak ada pria lagi? Semua adalah perempuan?

Kamis, 22 Agus 2013 11:04 WIB

Author

Anthony Leong

Profesor Australia: 5 Juta Tahun Lagi Pria Akan Punah

Universitas LaTrobe Australia, Jenny Graves, pria, punah

Bagaimana kalau di dunia ini tidak ada pria lagi? Semua adalah perempuan?  Ah, mungkin kamu bilang, ini pertanyaan aneh. Laki-laki enggak mungkin punah begitu saja. Eits, jangan salah, ada kemungkinan pria punah loh!


Kemungkinan kepunahan pria ini bukan sembarang sebut saja, ini hasil penelitian. Profesor Universitas LaTrobe Australia, Jenny Graves, memperkirakan,   pria akan punah lima juta tahun lagi  akibat  kromosom  pria yang tidak seimbang.


Jenny mendasarkan kesimpulannya pada perhitungan penyusutan kromosom Y (kromosom penentu laki-laki – red). Sekitar 166 juta tahun yang lalu, kromosom Y mempunyai 1.669 gen. Namun, hari ini jumlahnya menyusut menjadi 45 gen saja. Artinya, per satu juta tahun, gen kromosom Y hilang 9,8 gen.

"Dengan perhitungan tersebut, kromosom Y akan punah dalam 4,6 juta tahun yang akan datang, dan pria bisa punah," ujar Profesor Jenny.
Dia menyebutkan, penyebab merosotnya gen yakni mutasi, pembatalan, dan penyisipan sel secara terus menerus dalam testis.

Menurut Profesor itu, tempat testis berkembang menjadi lingkungan yang kurang baik bagi kromosom Y. Dalam evolusi itu, gen potensial laki-laki yang dibawa oleh kromosom Y, banyak yang disalin ke kromosom X. Akibatnya, jenis kelamin laki-laki bisa menyusut di masa depan.

Nah, menurut kamu, apa yang terjadi kalau pria punah? (metro.co.uk)

Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ramai Cukai Rokok Mau Naik, Apa Kata Pakar dan DPR?