Nasionalisme akan Diajarkan dalam Semua Mata Pelajaran

Indonesia sudah merdeka 68 tahun, tepat 17 Agustus Minggu besok!

Senin, 05 Agus 2013 15:18 WIB

Author

Evilin Falanta

Nasionalisme akan Diajarkan dalam Semua Mata Pelajaran

nasionalisme, kurikulum 2013

Indonesia sudah merdeka 68 tahun, tepat 17 Agustus Minggu besok! Peringatan kemerdekaan ini dirayakan bersama oleh seluruh masyarakat Indonesia. Kecintaan terhadap Indonesia, bela negara dan jiwa nasionalisme harus selalu ada di pikiran dan hati sobat teen. Karena? siapa lagi coba kalau bukan kita? Setuju kan?

Eh tapi nasionalisme ini ada mata pelajarannya enggak ya. Kira-kira masuk kurikulum 2013 enggak ya! Maklum kita punya kurikulum baru. Kalau dulu kan ada pelajatan Pendidikan Moral Pancasila dan Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa (PSPB)
 
Tetap ada dong, meski enggak ada mata pelajaran khusus. Pemerintah memasukkan pendidikan nasionalisme dalam Penerapan kurikulum 2013 pada setiap mata pelajaran. Juru Bicara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ibnu Hamad bilang pelajaran nasionalisme itu enggak hanya mengajarkan norma-norma nasionalisme. Tapi juga unsur karakter maupun pengenalan geografi budaya Indonesia sesuai tema dalam mata pelajaran. Kita dengerin aja deh, langsung penjelasan Pak Ibnu Hamad.

"Selain PPKN, itu tadi selain di pelajaran SD, yang buku di SD kurikulum 2013, buku tematik dalam setiap tema itu tadi, dalam substansi pelajaran di tanah air ini kan mengambil tema-temanya, tema alamnya soal alam Indonesia, tema sosialnya sosial Indonesia, tema budayanya soal budaya Indonesia. Itu sudah ada nasionalisme. Jangan dikira nasionalisme itu hanya berbicara mengenai norma-norma nasionalisme belaka, tapi juga realitas-realitas kenasionalisan kita gitu," kata Pak Ibnu Hamad.

Pak Ibnu Hamad juga bilang, nasionalisme menjadi bagian yang sangat penting. Kalau punya jiwa nasionalisme pasti cinta deh sama Indonesia. Mau membela dan berjuang.




Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru jam 10