Mbaru Niang, Rumah Unik Nan Langka di Pulau Flores

Rumah biasanya berbentuk segi empat atau kotak.

Selasa, 27 Agus 2013 13:56 WIB

Author

Dede Riani

Mbaru Niang, Rumah Unik Nan Langka di Pulau Flores

Mbaru Niang, Flores, Nusa Tenggara Timur, langka, UNESCO

Rumah biasanya berbentuk segi empat atau kotak. Tapi rumah yang satu ini unik loh; berbentuk kerucut. Apalagi kalau bukan rumah Mbaru Niang!


Mbaru Niang merupakan rumah adat suku Wae Rebo di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Rumah adat ini memiliki 5 lantai dengan tinggi sekitar 15 meter. Bangunan dengan atap yang hampir menyentuh tanah ini memakai daun lontar, ijuk atau ilalang.


Setiap lantai rumah Mbaru Niang memiliki ruangan dengan fungsi yang berbeda loh.


 Tingkat pertama disebut lutur dipakai sebagai tempat tinggal dan berkumpul bersama keluarga. Tingkat kedua berupa loteng atau disebut lobo berfungsi untuk menyimpan bahan makanan dan barang-barang sehari-hari. Tingkat ketiga disebut lentar untuk menyimpan benih-benih tanaman pangan, seperti benih jagung, padi, dan kacang-kacangan. Tingkat keempat disebut lempa rae disediakan untuk stok pangan apabila terjadi kekeringan. Tingkat kelima disebut hekang kode untuk tempat sesajian persembahan kepada leluhur.


Wow, fungsinya beragam ya!


Rumah adat ini sangat langka karena hanya tinggal beberapa, dan hanya terdapat di kampung adat Wae Rebo yang terpencil di atas pegunungan. 


Mbaru Niang mendapat penghargaan dari UNESCO Asia-Pasifik tahun 2012 sebagai warisan budaya dan menjadi kandidat peraih Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur tahun 2013. 


Kereeen kan! Yuk lestarikan rumah adat yang ada di daerahmu! (berbagai sumber)


Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal