Kurang Tidur Bisa Bikin Prestasi Melorot

Siapa yang lebih suka main lama-lama dari pada tidur cepat?

Kamis, 15 Agus 2013 13:43 WIB

Author

Claudia Von Nasution

Kurang Tidur Bisa Bikin Prestasi Melorot

Tidur, anak-anak, kurang tidur, prestasi, belajar

Siapa yang lebih suka main lama-lama dari pada tidur cepat? Tidur itu penting untuk anak-anak dan remaja seperti kita loh.

Sebuah penelitian dalam jurnal Pediatrics menunjukkan bahwa anak-anak yang kurang tidur, kontrolnya terhadap emosi akan melemah. Selain itu, kalian juga akan tidak fokus di sekolah.

Secara keseluruhan, masih banyak anak-anak yang tidurnya kurang loh. The National Sleep Foundation merekomendasikan kita yang berusia 5 hingga 12 tahun untuk tidur 10 sampai 11 jam setiap malam.

Mereka yang jam tidurnya kurang sekitar satu hingga dua jam akan mudah tersinggung dan bereaksi secara emosional atau bisa dibilang gampang marah-marah. Kalau sudah begini, bisa dipastikan kamu nggak akan nyaman lama-lama di sekolah dan belajar. Ini terjadi karena perhatian kamu ke guru dan pelajaran yang dijelaskannya tidak 100%.

Jeleknya, kamu yang kurang tidur lama-kelamaan akan kehilangan kesempatan untuk belajar dan menjadi kreatif. Coba bayangin, kalau kamu gampang kesal dan frustasi karena terlalu lelah, pasti kamu bawaannya pingin tidur saja, kan?

Yuk jangan kebanyakan main dan mengorbankan waktu tidur. Katanya mau jadi dokter, pilot, insinyur, arsitek, pembaca berita, guru, atau penyanyi? Kalau kurang tidur nanti susah tercapai loh cita-citanya. Nggak mau, kan? (timeforkids)



Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Posko Tuk Tampung Aduan Soal Perda Zonasi Pesisir

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11