James Wan, Sutradara Kelahiran Malaysia yang Sukses di Holywood

KBR68H

BERITA

Senin, 05 Agus 2013 12:57 WIB

Author

Doddy Rosadi

James Wan, Sutradara Kelahiran Malaysia yang Sukses di Holywood

james wan, malaysia, sutradara, hollywood

KBR68H – Bagi anda pecinta film horor, pasti sudah familiar dengan film yang berjudul Saw. Film ini bercerita tentang seorang pembunuh yang menjebak mangsanya dan membiarkan mereka mati secara tragis apabila tidak berhasil memecahkan teka-teki yang diberikan.

SAW merupakan film yang dibuat oleh James Wan, seorang sutradara kelahiran Malaysia yang besar di Australia. Meski film itu meraih sukses dan selalu dibuat sekuelnya di setiap perayaan Halloween, Wan tidak mau terlibat dalam pembuatan sekuel Saw.

Kini, nama Wan semakin terkenal setelah membuat The Conjuring meraih sukses komersial di Amerika. Film horor dengan bujet USD20 juta itu sudah meraih USD100 juta hanya untuk pemutaran di Amerika dan Kanada. The Conjuring juga menjadi film dengan biaya rendah dengan pemasukan terbesar pada tahun ini.

Bahkan, pemasukan yang diterima The Conjuring jauh lebih besar dibandingkan film dengan biaya besar seperti The Lone Ranger dan Pacific Rim. Sukses The Conjuring membuat James Wan kemungkinan besar akan kembali diminta untuk membuat sekuelnya oleh perusahaan film Warner Bros.

“Apabila mereka menginginkan cerita tambahan, maka biarlah itu terjadi. Itu merupakan hal yang bagus. Saya selalu berusaha membuat film sebaik mungkin dan penonton lah yang akan memutuskan,”ujar Wan.

Wan, 36 tahun, memulai karirnya sebagai sutradara dengan film horor indie yaitu Insidious. Film itu mendapat pujian dari kritikus dan akan dibuat sekuelnya yang akan melibatkan proses perjalanan waktu.

“Anda tidak melihat cerita tentang perjalanan waktu dalam film horor mainstream. Itulah hal yang paling saya inginkan, membuat sesuatu di luar kebiasaan film mainstream. Membuat sesuatu yang berbeda,”ungkapnya.

Itulah yang dilakukannya ketika membuat film Saw pada 2004 dengan karakter pembunuh bernama Jigsaw.

“Banyak yang bilang sukses film pertama karena soal jebakan dan juga darah yang banyak serta penyiksaan. Saya akan menjadi orang pertama yang menolak anggapan tersebut. Saw mempunyai karakter yang cool dan juga cerita yang ditulis dengan baik serta yang paling penting, selalu ada twist di setiap endingnya. Ketika saya membuat ending di film pertama, saya sudah menyatakan “Tah Dah” Finished!”ungkapnya.

James Wan mulai dipercaya untuk menyutradarai film dengan bujet besar. Yaitu Fast & Furious 7. Film tersebut akan menjadi film perdana Wan dengan biaya besar serta film action kedua yang ditanganinya setelah Death Sentence pada 2007 dengan bintang Kevin Bacon.

“Saya suka genre action tetapi selama ini saya memang lebih sering meraih sukses dengan film horor. Saya jarang mendapat kesempatan untuk menyutradarai film dengan genre action,”jelasnya.

Dia juga mengaku senang bisa bekerjasama dengan aktor Inggris Jason Statham pada film Fast 7. Perusahaan film Universal mengaku senang dengan kesediaan Wan menyutradarai Fast 7.


“James punya kemampuan untuk mengidentifikasi karakter dalam setiap filmnya. Dia membuat karakter tersebut dalam kondisi yang ekstrem dan melampaui harapan dari penonton,”kata Jeffrey Kirschenbaum, co-President Universal. (AP)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste