Ini Alasan Lain Mengapa Harus Sering Sikat Gigi

Memang benar, sikat gigi itu penting banget. Bukan cuma agar gigi putih dan bersih, tapi juga untuk kesehatan.

Kamis, 15 Agus 2013 12:30 WIB

Author

Yuthi Fatimah

Ini Alasan Lain Mengapa Harus Sering Sikat Gigi

Sikat Gigi, Demensia, Alzeimer, penyakit

“Sikat gigi minimal dua kali sehari, saat sesudah makan dan sebelum tidur.” Ya, itu slogan yang biasa kita dengar pada iklan pasta gigi. Memang benar, sikat gigi itu penting banget.  Bukan cuma agar gigi putih dan bersih,  tapi juga untuk kesehatan.  Jarang sikat gigi bisa bikin kita sakit Alzheimer, sebuah penyakit syaraf otak.


Para ilmuwan dari University of Central Lanchashire membuktikan, penyakit Alzeimeir dipicu oleh gusi yang terinfeksi dengan jenis kuman dan bakteri. Porphyromonas gingivalis, nama latin dari salah satu bakteri di rongga mulut, ditemukan pada selaput otak penderita Alzeimer yang mengalami demensia atau orang yang mengalami penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan otak.


Kuman dan bakteri ini mempengaruhi kinerja jaringan otak, menghancurkan neuron yang memicu respon di otak sehingga menyebabkan gejala seperti kehilangan memori dan kebingungan. Orang yang menyikat giginya satu kali dalam sehari berpotensi lebih dari 65% terserang demensia dibandingkan mereka yang menyikat gigi tiga kali sehari. Selain memicu Alzheimer, penyakit gusi juga memicu penyakit jantung dan diabetes. 


Nah sekarang masih malas sikat gigi? (mirror)

Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal