Asal Muasal Kentang Goreng

Kentang goreng, makanan ringan yang disukai banyak orang. Tapi sebenarnya, dari mana asalnya makanan yang bernama internasional "French Fries" ini sih?

Jumat, 16 Agus 2013 13:43 WIB

Author

Claudia Von Nasution

Asal Muasal Kentang Goreng

Kentang Goreng, French Fries, Belgia, Perancis

Kentang goreng, makanan ringan yang disukai banyak orang. Tapi sebenarnya, dari mana asalnya makanan yang bernama internasional "French Fries" ini sih?


Kalau dari kata 'French', memang langsung bisa dijawab kalau kentang goreng berasal dari Perancis. Tapi... ternyata bukan, loh! Yang membuat kentang goreng pertama kali justru Belgia.


Menurut sejarahwan Perancis Madeleine Ferriere, memang di Perancis, kentang goreng dianggap bagian makanan pokok. Namun, kentang goreng juga diakui sebagai hidangan nasional di Belgia.


Sebuah teori mengatakan, penampilan pertama dari kentang goreng ada di Paris. Sesaat sebelum Revolusi Perancis, di akhir abad 18. Saat itu pedagang kaki lima mulai menjual kentang goreng di jembatan kota tertua, Pont Neuf.


Namun, para ahli di Belgia mengatakan bahwa kentang goreng Perancis diciptakan di Namur pada akhir 1600-an. Mereka lebih percaya bahwa ketika tentara Amerika tiba di Belgia selama Perang Dunia 1, mereka mencicipi kentang goreng Belgia namun menyebutnya Perancis. Hal ini karena dulu bahasa resmi yang digunakan angkatan darat Belgia adalah bahasa Perancis.


Hm... jadi ini diawali dengan salah mengerti tempat ya? (digitaljournal)


Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN

Perempuan dan Anak Dalam Pusaran Terorisme