BERITA

Jokowi Salurkan Bantuan Modal Kerja Rp2,4 Juta kepada 12 Juta Pelaku UMK

"Jokowi menyebut, pendapatan usaha pelaku UMK anjlok akibat pandemi Covid-19. "

Resky Novianto

Jokowi Salurkan Bantuan Modal Kerja Rp2,4 Juta kepada 12 Juta Pelaku UMK
Presiden Jokowi memantau penyaluran bantuan sosial di Kantor Pos, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/05/20). Foto: Antara

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo menyalurkan bantuan modal kerja kepada pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) yang terdampak pandemi Covid-19. 

Jokowi mengatakan, bantuan tersebut akan diberikan kepada 12 juta pelaku UMK. Dana bantuan modal yang dikucurkan pemerintah kepada pelaku UMK sebesar Rp28,8 triliun.

"Ini bantuan modal kerja ini memang isinya tidak banyak, Rp2,4 juta. Tolong diterima digunakan semuanya untuk tambahan modal kerja bapak ibu semuanya. Ini kita mulai dan kita harapkan nanti jutaan pedagang kecil yang akan kita berikan ini, ini adalah yang pertama kali," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (13/7/2020).

Sebagai tahap awal, Jokowi langsung membagikan bantuan tersebut kepada beberapa pelaku UMK di Kompleks Istana Kepresidenan. 

Jokowi menyebut, pendapatan usaha pelaku UMK anjlok akibat pandemi Covid-19. 

Menurut Jokowi, dampak pandemi virus corona bukan hanya menghantam bisnis masyarakat kelas menengah ke bawah. 

Namun, hampir semua kelas bisnis terkena dampak dari virus yang telah mewabah sejak akhir 2019 itu.

"Yang kena tidak hanya yang kecil, tapi juga sedang dan usaha besar juga terkena dampak. Makanya, sore ini saya memberikan bantuan modal kerja. Semoga dengan bantuan ini nantinya bapak atau ibu bisa menambah dagangannya, omzet bisa lebih baik," pungkas Jokowi.

Editor: Sindu Dharmawan

 

  • Presiden Jokowi
  • Bantuan Pemerintah
  • UMK
  • UMKM
  • Covid-19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!