Share This

KPK OTT di Lampung Selatan, Presiden Peringatkan Kepala Daerah

Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kepala daerah di Lampung Selatan.

, NASIONAL

Jumat, 27 Jul 2018 15:37 WIB

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan (tengah) digiring petugas setibanya di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). (Foto: ANTARA/ Dhemas R)

KBR, Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kepala daerah di Lampung Selatan. Dia menjelaskan, OTT itu dilaksanakan Kamis (26/7/2018) malam. Petugas menangkap tujuh orang termasuk kepala daerah.

"Ada pimpinan daerahnya, ada anggota DPRD kalau nggak salah provinsi, dan sama pemberinya," jelas Agus di gedung KPK usai menyambut Novel Baswedan, Jumat (27/7/2018).

"Mereka dibawa ke Jakarta, saya nggak tahu apa sudah sampai atau belum. Anda tunggu saja," tambahnya. 

Agus menambahkan, tim menyita barang bukti uang Rp700 juta dalam pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu. Uang tersebut diduga berkaitan dengan proyek infrastruktur.

Baca juga:


Presiden Bilang, Jangan Main-Main

Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh kepala daerah baik Bupati, Wali Kota maupun Gubernur untuk tak menyelewengkan anggaran negara. "Saya selalu menekankan integritas," tegas Jokowi usai pelantikan mahasiswa IPDN di Jatinangor, Jumat (27/7/2018).

"Saya sudah titip kepada seluruh bupati, walikota, gubernur dan seluruh ASN jangan bermain-main dengan yang namanya anggaran dan uang," lanjutnya lagi.

Pernyataan Jokowi itu disampaikan menanggapi operasi tangkap tangan KPK terhadap Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan. Presiden pun mengapresiasi kerja petugas lembaga antirasuah dalam memberantas korupsi.

Ia memuji sikap KPK yang disebut menjalankan proses penegakan hukum secara prosfesional. Jokowi meyakini penangkapan dan proses hukum Bupati Lampung Selatan serta pihak terkait lain didasari bukti kuat.

"Kita tahu KPK selalu bertindak profesional sesuai kewenangannya. Itu harus kita hargai."

KPK meringkus Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dalam operasi tangkap tangan, Kamis (26/7/2018) malam. Zainudin yang merupakan adik Ketua MPR Zulkifli Hasan ditangkap bersama 11 orang lainnya. Termasuk, anggota DPRD Lampung Selatan. Mereka diduga melakukan praktik suap untuk sejumlah proyek infrastruktur seperti jalan dan jembatan di Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.