BERITA

32 Saung di Lapas Sukamiskin Akhirnya Dibongkar

32 Saung di Lapas Sukamiskin Akhirnya Dibongkar

KBR, Bandung - Sebanyak 32 saung pengunjung di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat akhirnya dibongkar petugas. Penghancuran puluhan saung itu dilakukan sejak pukul 18.30 WIB Selasa (24/7/2018) kemarin dan baru selesai Rabu (25/7/2018) dini hari tadi.

Menurut Plh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Dodot Adit Koeswanto, pembongkaran dilakukan untuk membuktikan tidak ada lagi keistimewaan bagi narapidana tipikor. Namun Dodot mengaku, tidak mengetahui awal mula pendirian saung oleh narapidana korupsi tersebut

"Akan kami lakukan pembuatan saung yang dibikin oleh negara, menjadi fasilitas umum yang ada di dalam Lapas. (Kok napi bisa diberi ijin medirikan saung ?) Itu sudah berjalan sekian lama ya. (Dari kapan ?) Saya belum pernah di sini, baru tugas dari Bangka Belitung jadi saya enggak tahu," kata Dodot Adit Koeswanto di Lapas Sukamisikin, Bandung, Rabu (25/7/2018) dini hari.

Ia mengatakan pembangunan saung yang baru rencananya dimulai hari ini. Waktunya bersamaan dengan lanjutan penyisiran fasilitas mewah narapidana koruspi yang tersisa.

red

Pekerja mengendarai truk pengangkut puing-puing saung yang dibongkar di Lapas Sukamiskin, Bandung. (Foto: ANTARA/ Novrian A)

Menurut Dodot, seluruh bekas bahan baku saung yang sebelumnya dibangun para napi itu akan dimusnahkan. Pada pembongkaran saung pengunjung itu ditemukan lemari penyimpan alat makan, sendok, piring dan barang lainnya.

"Semuanya milik napi dan kami akan serahkan barang pribadi itu kepada keluarga yang akan mengambil," ujar Dodot.

Tak tampak persiapan sebelum pembongkaran saung pengunnjung oleh ratusan petugas Kementerian Hukum dan HAM tersebut. Hingga pukul 18.00 WIB kemarin, seluruh petugas itu masih mengikuti apel di halaman Lapas Sukamiskin.

Selang beberapa menit, beberapa kendaraan pengangkut hilir mudik masuk penjara. Saat keluar, baru tampak kendaraan itu membawa material puing-puing hasil pembongkaran saung.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/07-2018/apa_sebab_pembongkaran_saung_di_lapas_sukamiskin_ditunda_/96647.html">Apa Sebab Pembongkaran Saung di Lapas Sukamiskin Ditunda?</a>&nbsp;<br>
    
    <li><a href="http://kbr.id/07-2018/yang_dilakukan_kemenkumham_setelah_ott_kpk_di_lapas_sukamiskin/96644.html"><b>Yang Dilakukan Kemenkumham Usai OTT KPK di Lapas Sukamiskin</b></a>&nbsp;<br>
    



Editor: Nurika Manan

  • Lapas Sukamiskin
  • saung mewah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!