BERITA

Warga dan Bentangan Spanduk Sambut Pemakaman Santoso

"Jenazah pimpinan kelompok Mujahiddin Indonesia Timur (MIT), Santoso alias Abu Wardah yang tewas ditembak aparat Satuan Tugas Operasi Tinombala akhirnya dimakamkan di Dusun Landangan, Poso."

Aldrimslit Thalara

Warga dan Bentangan Spanduk Sambut Pemakaman Santoso
Ribuan warga mengantar jenazah Santoso ke tempat pemakaman umum di dusun Landangan desa Lantojaya Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso Sulawesi Tengah. (Foto: KBR/ Aldrim Thalara)

KBR, Poso - Jenazah pimpinan kelompok Mujahiddin Indonesia Timur (MIT), Santoso alias Abu Wardah yang tewas ditembak aparat Satuan Tugas Operasi Tinombala akhirnya dimakamkan di Dusun Landangan, Desa Lantojaya, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Kepolisian Daerah Sulawesi menyerahkan jenazah Santoso ke pihak keluarga pada pukul 10.00 Wita di Palu. Selanjutnya, jenazah dibawa ke Poso melalui jalan darat, dan tiba di rumah duka sekitar pukul 12.30 Wita. Ribuan warga lantas menyambut kedatangan jenazah lelaki yang lebih dari empat tahun ini menjadi buronan.

Sebuah spanduk penyambutan bertuliskan "Selamat Datang Syuhada Poso, Santoso alias Abu Wardah" terpampang di depan rumah ibu kandung Santoso. Pada spanduk itu, tampak foto Santoso sedang menenteng senjata.

Sejak pukul 09.00 Wita, warga sudah menyemut di areal sekitar pemakaman. Mereka berasal dari berbagai wilayah di antaranya kecamatan Poso Pesisir, Poso Utara, dan Dari Kota Palu, Morowali dan Tojo Unauna. Selain keluarga, sebagian besar yang hadir di pemakaman adalah rekan-rekan Santoso.

Baca Juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/terkini/07-2016/aparat_di_poso_minta_tak_ada_provokasi_jelang_pemakaman_santoso/83372.html">Persiapan Jelang Pemakaman Santoso</a></b></li><b>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/07-2016/perburuan_jaringan_santoso_ditingkatkan/83345.html">Perburuan Jaringan Santoso Ditingkatkan</a></b> </li></ul>
    

    Awak media yang sebelumnya hanya boleh melakukan peliputan di titik-titik tertentu pun akhirnya dipersilakan meliput seluruh proses penjemputan hingga pemakaman jenazah.

    Proses pemakaman berjalan lancar dan aman tanpa penjagaan aparat setempat. Juru bicara keluarga Santoso, Supono menganggap kematian Santoso akibat perbuatan pihak yang tak tak bertanggung jawab.

    "Saya saudara dari Santoso menyatakan bahwa santoso adalah seorang Mujahid, seorang pejuang Islam, yang selama ini didzolimi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab." ujar Supono di Poso, Sabtu (23/7/2016).

    Santoso dan Mukhtar tewas dalam kontak senjata antara Satuan Tugas Operasi Tinombala 2016 dan kelompok bersenjata pada Senin, 18 Juli 2016. Sedangkan 19 orang lainnya masih diburu, termasuk Basri alias Bagong dan Ali Kalora beserta tiga perempuan.

    Baca Juga:

      <li><b><a href="http://kbr.id/07-2016/pengamat_ragukan_pengampunan_kelompok_teroris_santoso_bisa_sukses/83329.html">Menilai Rencana Pengampunan Bagi Jaringan Santoso</a></b> </li>
      
      <li><b><a href="http://kbr.id/07-2016/95_persen_jenazah_terduga_teroris_poso_adalah_santoso___muchtar/83240.html">Pimpinan Kelompok Mujahidin Indonesia Timur, Santoso Tewas</a></b> </li></ul>
      

      Santoso menjadi buronan sejak 2012 silam lantaran diduga terkait sejumlah peledakan bom dan penembakan misterius di Kota Palu dan Poso, Sulawesi Tengah. Santoso lantas membentuk Mujahiddin Indonesia Timur. Dia menjadikan Gunung Biru, Tamanjeka, Poso Pesisir Utara, hingga Lembah Napu sebagai basis perlawanan.




      Editor: Nurika Manan

  • Santoso
  • jenazah santoso
  • terorisme

Komentar (4)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • suherrizal8 years ago

    mohon anggota yg tersisa d gunung/hutan menyerahkan diri saja krn Pemerintah menjamin keselamatan ok mksh

  • kamaye8 years ago

    Selamat Jalan Abu Wardah

  • Sanrego8 years ago

    Al Fatiah,, Selamat Jalan Sang Mujahid Semoga Amal Ibadah Selama Ini Diterima Disisi Allah Beserta Surga Untukmu... Amin

  • sherly8 years ago

    Kini Telah hadir wayangpoker agen poker,domino,BandarQ dan bandar poker terbaru dan terpercaya Hanya dengan Minimal Deposit 20rb dan WD minimal 40rb saja kalian sudah bisa bermain di wayangpoker tentunya kami juga memberikan bonus-bonus menarik untuk para member kami seperti : -BONUS TurnOver Mingguan 0,5% -BONUS Refferal selamanya 20% Tentunya bukan hanya itu saja bagi para member setia kami juga memberikan BONUS bagi member kami yang memiliki referal dan BONUS TurnOver sebesar 0,5% Setiap minggunya. Jadi tunggu apalagi sobat? Kunjungi dan bermainlah di wayangpoker Karena semakin sering main semakin besar juga BONUS yang akan kalian dapatkan Suppport Bank : BANK BCA | BANK BNI | BANK MANDIRI | BANK BRI | BANK DANAMON Link Alternatif : http://goo.gl/fFSo2h Contact Us : BB : 2BE326CC yahoo mail : wayangpokerofficial skype : wayangpoker telp : +85512804273 Facebook : Wayangpoker