BERITA

PT ASDP Tambah Dermaga di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk

PT ASDP Tambah Dermaga di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk

KBR, Banyuwangi - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry mengoperasikan satu dermaga tambahan untuk mempercepat layanan penyeberangan di Selat Bali pada arus mudik lebaran tahun 2015 ini.

Kepala Cabang PT ASDP Ketapang Muhammad Yusuf Hadi mengatakan dengan adanya tambahan satu dermaga itu, dermaga yang beroperasi di Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk menjadi tujuh unit.

Dermaga tambahan itu telah dioperasikan sejak hari Jumat 10 Juli 2015 lalu atau tujuh hari  menjelang lebaran. Dengan adanya tambahan dermaga baru itu, kapal yang bisa beroperasi juga meningkat dari 32 unit menjadi 37 unit per hari.

Yusuf optimis, antrean penumpang pada arus mudik tahun ini lebih pendek. Meskipun jumlah pemudik yang masuk melalui Pelabuhan Ketapang diprediksi bertambah hingga delapan persen.

“Kita optimis dengan armada kita yang ditambah dari tahun lalu. Dan juga ada dermaga tiga yang dioperasikan untuk angkutan lebaran. Jadi kemungkinan besar manajemen dan kapasitasnya lebih baik dari tahun yang lalu,”kata Muhammad Yusuf Hadi.

Kepala Cabang PT ASDP Ketapang Muhammad Yusuf Hadi menambahkan pada musim mudik lebaran tahun ini, PT ASDP Ketapang Banyuwangi menyiagakan 50 armada kapal.

Dari jumlah kapal yang disiagakan tersebut terdiri dari 30 kapal penumpang yang dioperasikan di Dermaga “Mobil Bridge” (MB) Ponton dan 20 kapal barang dioperasikan melalui dermaga “Landing Craft Machine” (LCM).

Berdasarkan data dari posko mudik di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, jumlah pemudik yang masuk ke Banyuwangi melalui Pelabuhan Ketapang pada tahun lalu mencapai 111.475 orang. Dari angka tersebut pemudik yang menggunakan sepeda motor sebanyak 26.026 orang dan roda empat 12.866 orang.

Puncak arus mudik pada tahun ini di Pelabuhan Ketapang terjadi pada H-2 dan H-1 lebaran.

Editor: Agus Luqman

  • mudik lebaran
  • Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan
  • PT ASDP Ketapang
  • layanan penyeberangan
  • dermaga baru
  • Pelabuhan Ketapang
  • Pelabuhan Gilimanuk

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!