BERITA

Sutarman: 1,2 Juta Pasukan Gabungan Amankan Pilpres

Sutarman: 1,2 Juta Pasukan Gabungan Amankan Pilpres
polisi, pemilu, pilpres

KBR, Jakarta - Kepolisian Indonesia menyatakan sekitar 1,2 juta pasukan gabungan polisi, TNI dan Kesatuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) bakal mengamankan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Kepala Kepolisian Indonesia Sutarman mengatakan 254 ribu pasukan di antaranya adalah polisi. Kemudian sekitar 30 ribu pasukan dari TNI, dan sisanya anggota Linmas. Pada Pilpres nanti, sebagian besar pasukan akan fokus mengamankan proses pencoblosan.

"Rawan, yang jelas penghitungan di TPS-TPS itu juga menjadi tanggung jawab kita. Biasanya selalu, penghitungan yang tidak puas, mejadi masalah-masalah di TPS. Itu menjadi pantauan kita. Linmas itu yang berada di TPS minimal dua Linmas. Ada 900 ribu lebih Limnas (amankan Pilpres)," ujar Sutarman di Jakarta, Rabu (2/7).

Sutarman menambahkan, pihaknya juga bakal meningkatkan pengamanan penghitungan suara di tingkat Kecamatan. Hal tersebut untuk mencegah pembakaran surat suara tercoblos seperti yang terjadi di Palopo pasca Pileg lalu. Saat itu, kata dia, gedung penyimpanan surat suara Pileg tercoblos dibakar massa saat polisi kembali ke markas.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • polisi
  • pemilu
  • pilpres

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!