BERITA

PDIP Klaim Jokowi-JK Menang di Papua

"KBR, Jayapura - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Papua mengklaim perolehan suara Jokowi-Jusuf Kalla mencapai 75 persen di Bumi Cendrawasih itu. Suara ini dari total daftar pemilih tetap 3,2 juta jiwa."

Katharina Lita

PDIP Klaim Jokowi-JK Menang di Papua
jokowi, prabowo, pemilu

KBR, Jayapura -  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Papua mengklaim perolehan suara Jokowi-Jusuf Kalla mencapai 75 persen di Bumi Cendrawasih itu. Suara ini dari total daftar pemilih tetap 3,2 juta jiwa.

Hasil penghitungan cepat sementara yang dilakukan koalisi partai pendukung Jokowi-JK menyebutkan suara yang telah masuk di wilayah Papua mencapai 60 persen dan saat ini tinggal menunggu hasil suara dari sejumlah kabupaten yang terdapat di pegunungan tengah Papua.

Ketua DPD PDI-P Papua, Komarudin Watubun menuturkan  calon Presiden Jokowi sempat menghubungi dirinya dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Papua yang telah menggunakan hak pilihnya pada pilpres tahun ini.

“Tapi kalau perhitungan dari gunung turun dan semua selesai, mungkin kita bisa capai 75% untuk Papua. Titipan ucapan terima kasih karena pelaksanaan pemilu hari ini sudah berjalan dengan baik dan kepada pendukung beliau  di seluruh tanah Papua, supaya kemenangan ini adalah kemenangan seluruh rakyat Indonesia, bukan kemenangan Jokowi-JK saja, tapi kemenangan seluruh rakyat Indonesia, baik yang mendukung beliau maupun yang tidak mendukung beliau, karena toh beliau jadi presden,” jelasnya.

Sebelumnya tim pemenangan Jokowi-JK sempat khawatir dengan sistem noken yang diterapkan di sejumlah kabupaten pegunungan di Papua. Ini dikarenakan dari 16 kabupaten yang ada di sana, dengan jumlah pemilih 1,4 juta jiwa adalah kekuasaan politik lokal dan tidak dimiliki oleh tim Jokowi-JK.

Sistem noken adalah sistem pemilihan dengan cara keterwakilan yang ditentukan oleh kepala suku atau kepala kampung didaerah tersebut.

Kepala suku tersebut nantinya memilih calon yang akan dipilih dan selanjutnya pencoblosan akan dilakukan oleh petugas TPS disesuaikan dengan jumlah pemilih di daerah itu.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • jokowi
  • prabowo
  • pemilu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!