Yang Harus Kamu Lakukan Jika Tersengat Ubur-Ubur

Jika tentakelnya mengenai sesuatu, misalnya hewan atau manusia, maka ia akan mengeluakan racun yang bisa melumpuhkan bahkan mematikan.

Jumat, 19 Jul 2013 14:38 WIB

Author

Ratih Cahaya

Yang Harus Kamu Lakukan Jika Tersengat Ubur-Ubur

ubur-ubur, racun, tersengat, obat

Sobat Teen pasti tahu ubur-ubur kan? Hewan laut yang terlihat kenyal dan lucu ini ternyata berbahaya lho. Jika tentakelnya mengenai sesuatu, misalnya hewan atau manusia, maka ia akan mengeluakan racun yang bisa melumpuhkan bahkan mematikan. Tidak hanya itu, ternyata ubur-ubur yang sudah mati pun masih bisa menyengatmu.


Nah, ada empat cara yang bisa kamu lakukan jika kamu tersengat ubur-ubur, yaitu :


1.      Buang tentakel ubur-ubur yang mengenai kulitmu. Lalu basuh dengan air laut. Jangan pakai air biasa ya, karena malah akan memicu racun untuk keluar. Oh ya, jangan lupa memakai sarung tangan saat membuang tentakel.
2.      Matikan racun yang mengenai tubuhmu. Nah, kalau yang ini kamu harus cari tahu dulu, ubur-ubur jenis apa yang menyengatmu. Karena setiap jenis ubur-ubur memiliki penanganan yang berbeda. Ada racun ubur-ubur yang bisa dimatikan dengan asam cuka. Ada juga yang menggunakan baking soda.
3.      Kamu disarankan untuk menggunakan kartu kredit untuk mengikis tentakel yang menempel di kulitmu. Pelan-pelan ya. Jangan gunakan handuk untuk menghilangkan tentakel. Handuk yang mengenai kulitmu, malah akan memicu racun keluar lebih banyak.
4.      Untuk mengurangi rasa sakit, kamu bisa merendam tubuhmu selama 20 menit di dalam air panas.


Jadi Sobat teen, hati-hati ya kalau bermain di pantai. Jangan sampai tubuhmu terkena ubur-ubur. (washingtonpost)

Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN