Puasa Tapi Tetap Segar, Bisa Kok!

Buat yang tahun ini pertama kali mau mencoba, mungkin ada rasa kuatir bakal lemas karena enggak makan sepanjang siang.

Kamis, 18 Jul 2013 12:07 WIB

Author

Vivi Zabkie

Puasa Tapi Tetap Segar, Bisa Kok!

puasa, tips, segar, sehat

Sobat Teen besok, tapi sebagian mungkin hari ini, bagi yang muslim akan mulai berpuasa. Nah Sobat Teen yang muslim dan sudah baliq, puasa wajib hukumnya. Tapi kalau belum baliq, juga boleh kok mulai belajar puasa.


Buat yang tahun ini pertama kali mau mencoba, mungkin ada rasa kuatir bakal lemas karena enggak makan sepanjang siang. Atau yang lagi banyak aktivitas, jadi kuatir cepat capek. Sebetulnya, kita bisa kok tetap beraktivitas seperti biasa saat puasa.


Ada beberapa hal yang perlu Sobat Teen perhatikan supaya puasanya asik dan bisa tetap segar:


-    Pastikan selalu sahur ya. Jangan karena mengantuk enggak mau bangun. Sahur memastikan kita dapat sumber energi. Sahur itu seperti sarapan deh. Coba kalau gak sarapan, biasanya kita jadi lemas kan saat siang.
-    Makan makanan bergizi, karbohidrat dan nutrisi yang cukup
-    Masih soal kandungan makanan, perbanyak juga makanan yang mengandung lemak ya. Lemak katanya sih buat bantu kurangi rasa lapar. Jangan lupa juga kandungan serat.
-    Kalau masih ngantuk saat sahur dan malas bangun, bikin ritual bangun sahur jadi menyenangkan. Misal janjian saling membangunkan sahur sama sahabatmu.
-     Pastikan cukup minum ya. Tapi jangan sekaligus. Cicil kebutuhan air harian sejak mulai dari berbuka, habis tarawih sampai sahur.
-    Saat berbuka bisa minum yang manis-manis seperti teh manis, susu atau jus buah. Gula cepat diserap tubuh dan bisa jadi sumber energi yang cepat. Lalu sebaiknya yang hangat yah
-    Minum vitamin boleh buat memastikan asupan gizi, tapi jangan vitamin buat menambah nafsu makan ya. Soalnya bisa bikin Sobat Teen merasa lapar.
-    Saat berbuka, makanlah sedikit-sedikit. Jangan mentang-mentang waktu berbuka paling ditunggu, semua pengin dilahap deh. Nanti sakit perut loh. Makan sedikit-sedikit, tidak sekaligus. Kasih waktu tubuh mencerna makanan. Mungkin makan yang ringan sebelum sholat magrib, lalu makan lagi setelahnya. Dan setelah tarawih bisa makan lagi
-    Pastikan cukup istirahat ya Sobat Teen. Biasanya puasa ramai saat malam, teman-teman banyak yang ajak main. Boleh saja, tapi jangan kelamaan. Tetap penuhi kebutuhan tidurmu ya!


Nah ini sebagian saja. Sobat Teen bisa menambahkan tips lain kok. Oh ya buat yang baru belajar, kalau memang enggak tahan, gak papa kok. Namanya juga belajar. Tapi berlatih lah terus ya Sobat Teen. (berbagai sumber)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Tengah Tersiksa tapi Tampak Tegar

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7