Penyakit Sulit Lupa

Tapi ternyata kalau kita sulit lupa juga kurang baik loh. Itu karena sulit lupa pertanda ada gangguan syaraf.

Kamis, 18 Jul 2013 12:40 WIB

Author

Ali Maksum

Penyakit Sulit Lupa

Penyakit, Sulit Lupa, Hyperthymesia, demensia

Mungkin nenek atau kakek sobat teen sudah ada yang terkena penyakit mudah lupa. Atau malah sobat teen sendiri mudah lupa hehehe. Menyebalkan juga ya kadang. Soalnya bisa-bisa banyak benda kesayangan hilang gara-gara lupa tempat terakhir menaruhnya. Inginnya bisa ingat terus sih. Apalagi kalau lagi ujian, maunya semua yang dibaca bisa nempel di kepala.

Tapi ternyata kalau kita sulit lupa juga kurang baik loh. Itu karena sulit lupa pertanda ada gangguan syaraf.

Sulit lupa atau punya kelebihan mengingat disebut hyperthymesia. Hyperthymesia adalah gangguan neuropsikologi yang sangat jarang terjadi pada manusia. Kelebihan ini memberikan kapasitas memori yang luar biasa kepada penderitanya. Detil ingatan itu terjadi karena kondisi dua area otak yaitu area kapasitas memori dan pembentuk memori, Caudate Nucleus dan Lobus Temporal.

Caudate Nucleus berperan menyimpan memori yang tidak dipikirkan, sedangkan Lobus Temporal bertanggung jawab menyimpan tanggal, fakta atau kejadian yang memang dipilih untuk diingat. Kondisi ini bisa menjadi beban karena penderitanya tidak memiliki pilihan apa yang perlu dan tidak perlu diingat. Oleh karena itu Hyperthymesia disebut sebagai penyakit susah lupa karena penderitanya tidak bisa memilih apa yang harus diingat serta lebih banyak memikirkan kenangan pribadinya.

Seorang pemuda asal Inggris bernama Aurelien Hayman yang juga terkena Hyperthymesia tidak merasa terbantu untuk mengingat saat mengerjakan soal ujian di kampusnya.

Wah jadi sulit lupa atau mudah lupa sama-sama ada enggak bagusnya ya. (wisegeek, uniqpost, toptenz)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal