Makin Jangkung, Makin Berisiko Terkena Kanker

Bagi sobat teen yang merasa kurang tinggi dan iri dengan teman yang lebih jangkung jangan sedih ya.

Rabu, 31 Jul 2013 18:43 WIB

Author

Yuthi Fatimah

Makin Jangkung, Makin Berisiko Terkena Kanker

jangkung, kanker, penelitian

Bagi sobat teen yang merasa kurang tinggi dan iri dengan teman yang  lebih jangkung  jangan sedih ya. Karena enggak selalu yang lebih tinggi itu lebih baik.  Terutama pada wanita ya.


Ternyata terdapat hubungan antara postur tubuh yang tinggi dengan risiko kanker pada wanita setelah menopause. Wanita yang lebih tinggi akan memiliki risiko besar terkena penyakit ini.


Jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menjelaskan hubungan tersebut. Disitu, para peneliti mempelajari lebih dari 20.900 wanita berusia 50-79 yang berpartisipasi dalam penelitian Women Helath Initiative (WHI). Para wanita tersebut digolongkan berdasarkan tinggi badan mereka. Peneliti tersebut menemukan, perempuan lebih tinggi memiliki 13-17% risiko lebih besar terkena melanoma, kanker payudara, kanker ovarium, kanker endometrium dan kanker usus besar. Selain itu, mereka juga memiliki 23-29% risiko lebih besar terkena kanker ginjal, rektum, tiroid, dan darah.


Dari penelitian ini ya sobat teen, ditemukan bahwa semua jenis kanker menunjukkan hubungan positif dengan tinggi. Tidak satupun dari para wanita yang lebih tinggi menunjukkan risiko lebih rendah terkena kanker dibandingkan dengan mereka yang lebih pendek.
"Pada akhirnya, kanker merupakan hasil dari proses yang berkaitan dengan pertumbuhan, sehingga masuk akal bahwa hormon atau faktor pertumbuhan lainnya yang mempengaruhi tinggi juga dapat mempengaruhi risiko kanker,” kata Geoffrey Kabat, ahli epidemiologi senior di Departemen Epidemiologi dan Kesehatan Penduduk di Albert Einstein College of Medicine of Yeshiva University.


Tapi sobat teen tak perlu khawatir karena tidak berarti bahwa kanker tidak bisa dihindari oleh setiap wanita tinggi. Sobat teen harus menjaga kesehatan melalui banyak hal, seperti makan makanan yang sehat, tidur cukup, dan lain sebagainya. (healthland.time)

Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Inggris Bersikeras Tinggalkan Uni Eropa 31 Oktober 2019

Kabar Baru Jam 17

Foto Ikatan Besar Mahasiswa UI Tidak Akui Jokowi - Ma'ruf Hoaks

Jokowi Didesak Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM di Periode Kedua