Kadal Raksasa Jim Morrison

Sejumlah orang terkenal sudah lama jadi inspirasi ilmuwan buat memberi nama hewan yang baru mereka temui. Nah kadal raksasa terbesar di dunia pun mendapat kehormatan serupa.

Kamis, 18 Jul 2013 13:24 WIB

Author

Vivi Zabkie

Kadal Raksasa Jim Morrison

kadal, jim morisson, komodo

Sejumlah orang terkenal sudah lama jadi inspirasi ilmuwan buat memberi nama hewan yang baru mereka temui. Nah kadal raksasa terbesar di dunia pun mendapat kehormatan serupa. Ilmuwan Universitas Nebraska-Lincoln menggunakan nama vokalis band The Doors, Jim Morrison,  untuk memberi nama pada kadal tersebut. 


Barbaturex morrisoni, demikian nama raja kadal yang vegetarian itu. Ia adalah hewan yang hidup di Asia tenggara sekitar 36 sampai 40 juta tahun lalu. Panjangnya enam kaki dan beratnya mencapai 27,2 kilogram.


Lalu apa sebab sampai nama Jim Morrison terpilih menjadi nama kadal ini?


Pada 1969 Morrison menulis dan merekam pementasan yang berisi puisi, musik dan sebagainya yang diberi nama "Celebration of the Lizard King."


”Saya mendengarkan The Doors saat melakukan penelitian,” kata peneliti Jason Head dari Universitas Nebraska-Lincoln. ”Beberapa musik mereka mengisahkan soal reptril dan tempat kuno, dan Jim Morisson tentu saja adalah Raja Kadalnya, jadi ya cocok,” jelasnya. 


Raja kadal ini menjadi besar karena suhu panas pada saat ia hidup. Head percaya kalau  iklim panas membuat hewan bisa tumbuh lebih besar, sehingga meski vegetarian, kadal ini bisa bersaing dengan hewan lain. 


Kebanyakan reptil raksasa di dunia seperti Komodo di Indonesia dan Cretaceous Chinese Chianghsia nankangensis di Cina dan Pleistocene Australian Varanus priscus di negeri Kangguru adalah pemakan daging. Nah raja kadal ini berbeda, dia adalah pemakan tanaman alias vegetarian. (gogonews.com)


ilusitrasi : komodo (zsxc.hu)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8