covid-19

Jangan Lakukan Perjalanan Jauh dengan Motor pada Malam Hari

KBR68H, Jakarta - Untuk mudik gratis pengendara sepeda motor ini tahun ini, Kemenhub menyediakan 35 truk dan 70 bus.

BERITA

Rabu, 17 Jul 2013 10:20 WIB

Author

Doddy Rosadi

Jangan Lakukan Perjalanan Jauh dengan Motor pada Malam Hari

pemudik, sepeda motor, gratis, kementerian perhubungan

KBR68H, Jakarta - Untuk mudik gratis pengendara sepeda motor ini tahun ini, Kemenhub menyediakan 35 truk dan 70 bus. Pemberangkatan pertama akan dilakukan awal Agustus di Depo E Klender PPD. Untuk keberangkatan ini sepeda motor harus sudah diserahkan pada tanggal 1 Agustus mendatang.  Sementara serah terima motor akan diberikan pada tanggal 4 Agustus di Dinas Perhubungan di kota masing masing.  Bagaimana respon pengemudi motor atas kebijakan pemerintah ini?  Simak perbincangan penyiar KBR68H Agus Luqman dan Irvan Imamsyah dengan Pengurus Komunitas Pengendara Sepeda Motor HSX Community, Amin Budi dalam program Sarapan Pagi.

Banyak juga dari teman-teman komunitas yang mudik pakai motor?

Kebanyakan mereka jalannya H+1. Jadi tidak bareng pemudik pada umumnya.
 
Kebanyakan kesadaran para pengendara sepeda motor ini dia tahu kapasitas angkut dua orang ternyata untuk tiga orang ditambah barang bawaan dan sebagainya. Komunikasi di komunitas seperti apa soal bagaimana berkendara dengan baik?

Kita ada pertemuan tiap minggu di kalangan kita sendiri dan itu memang biasanya kita selipkan materi-materi aman berkendara baik dari motornya dan attitude di jalan, banyak sekali sharing dengan teman-teman. Karena komunitas kita ini sebuah komunitas yang concern aman berkendara.

Peran komunitas sepeda motor ini terhadap para anggotanya terutama untuk mencegah kecelakaan pada saat mudik lebaran tahun ini apa?

Biasanya kita akan ada semacam briefing siapa saja yang mau berangkat atau segala macam. Jadi tiap teman-teman yang mau melakukan perjalanan mereka wajib lapor dulu, kira-kira apa yang harus dilakukan yang akan melakukan perjalanan.

Apakah teman-teman komunitas juga melakukan semacam pengawalan bagi para anggota yang akan mudik dengan motor?


Kalau dari kita tidak ada pengawalan. Paling cuma himbauan dan tipsnya kita kasih tahu, biasanya memang kalau mau mudik setelah H+1 kondisi jalan sepi dan kondusif.
 
Untuk pendengar KBR68H yang barangkali akan mudik menggunakan sepeda motor apa saja yang harus diperhatikan?

Pertama adalah persiapan diri kita sendiri. Kalau kita mau melakukan perjalanan jauh sebaiknya sebelumnya istirahat yang cukup, jangan sampai malam kita mau jalan tapi istirahatnya tiga jam sebelumnya. Tapi lebih baiknya kalau melakukan perjalanan jauh jangan malam hari, karena kalau malam hari kita akan lebih cepat merasa capai dan juga sering timbul ngantuk. Sebaiknya pagi kita jalan setelah malam kita  tidur yang cukup. Selain itu juga kendaraan kita harus persiapkan sebelum melakukan perjalanan jauh, minimal seminggu sebelumnya mulai dari oli, rem, rantai, ban, lampu segala macam harus kita cek. Kebanyakan belakangan ini para pemudik mereka cuma ganti oli dan servis saja selesai, part yang lain mereka tidak perhatikan padahal banyak juga kejadian di luar itu.

Berapa lama si pengemudi harus istirahat?

Ini anjuran kita lebih baiknya 2-3 jam kita harus istirahat.
 
Mengendarai tiga jam kemudian istirahat, berapa lama istirahatnya?
 
Kalau istirahat 15-30 menit sudah cukup sebenarnya.

Jadi tidak perlu ada target harus cepat sampai ya?


Tidak perlu ada target.
 
Kalau dari komunitas ada kegiatan mudik bareng?

Tidak ada. Himbauan kita biasanya memberikan pencerahan, mereka mau mudik dengan bicara lebih hemat ya oke tapi kita kasih mereka pertimbangan kalau melakukan mudik atau perjalanan jauh.  

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7