Hati-Hati, Obesitas Dapat Memicu Osteoporosis

Dr Bredella yang melakukan penelitian mengatakan, sumsum yang lebih banyak diambil alih oleh sel lemak akan membuat tulang menjadi rapuh.

Rabu, 17 Jul 2013 11:55 WIB

Author

Issha Harruma

Hati-Hati, Obesitas Dapat Memicu Osteoporosis

obesitas, tulang rapuh

Sobat Teen ada yang memiliki berat badan berlebih? Bagi yang menjawab iya, hati-hati ya. Soalnya, peneliti Amerika menemukan bahwa orang dengan berat badan berlebih memiliki lemak di dalam tulang yang dapat membuat tulang mereka menjadi rapuh dan rawan patah.


Penelitian ini dilakukan oleh tim dari Harvard Medical School dengan melakukan scan terhadap 106 orang yang memiliki berat badan berlebih. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lemak di tempat-tempat tersembunyi, seperti hati, otot, dan sumsum tulang pada sebagian orang yang diteliti.


Sumsum merupakan tempat sel yang berperan penting dalam  pembentukan tulang baru, yaitu sel osteoblast. Dr Bredella yang melakukan penelitian mengatakan, sumsum yang lebih banyak diambil alih oleh sel lemak akan membuat tulang menjadi rapuh. “Sebelumnya, obesitas dinilai dapat melindungi tulang dari kerapuhan. Tapi ternyata kami menemukan bahwa pendapat ini tidak benar,” kata Dr Bredella.
Peneliti mengatakan cara yang terbaik adalah dengan mempertahankan berat badan kita agar tetap ideal. (BBC)

Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru jam 10