Gerakan Anti Rokok

Lah, terus apa hubungannya gerakan Indonesia tanpa rokok dengan 9cm?

Senin, 22 Jul 2013 15:02 WIB

Author

Abdushshabur Rasyid Ridha

Gerakan Anti Rokok

anti rokok, stop rokok, Universitas Indonesia, 9cm

Sobat teen pernah baca buku 5 cm karya Donny Dhirgantoro, atau sudah nonton filmnya? Tapi jangan berpikir kalau  9cm itu adalah judul buku lanjutannya 5 cm ya sobat teen. Karena ternyata 9cm ini adalah sebuah gerakan yang diusung oleh sekolompok mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan bertujuan mewujudkan Indonesia tanpa rokok di masa depan. Wah, keren ya…


Lah, terus apa hubungannya gerakan Indonesia tanpa rokok dengan 9cm? Jadi begini sobat teen, nama 9cm ini terinspirasi oleh puisi karya Taufik Ismail berjudul ‘Tuhan 9 cm’. Dan tahu enggak sobat teen, faktanya ukuran rokok itu biasanya sekitar 9 cm juga loh. Nah, makanya pemuda-pemudi ini menamakan gerakan anti rokoknya “9cm”.


Gerakan 9cm ini juga punya tagline unik loh, yaitu, Brave to Change. Nah, tekad berani mengubah itu mereka implementasikan pada 9 Juli lalu dengan mengadakan Challenge To Change kepada masyarakat di sekitar terminal Depok.


Nah, jadi dalam aksi tersebut, masyarakat diminta untuk menukarkan rokok yang mereka punya dengan satu kotak susu dan pulpen kapsul yang disediakan oleh gerakan 9cm.  Wah, kegiatannya kreatif banget ya sobat teen…


Dan sobat teen tau ngga, ternyata Challenge To Change ini disambut baik loh oleh masyarakat, bahkan sampai ada yang menukarkan 2 batang, 3 batang, 5 batang, bahkan 2 bungkus rokoknya.


Ada yang unik lagi nih sobat teen, karena nama gerakannya 9cm, maka aksinya pun dilakukan pada tanggal 9 Juli juga.  Tanggal yang sama juga menandai launching mereka memulai sebuah gerakan pemuda anti rokok. Terakhir, nama akun twitter mereka juga @9cm_ID. Pokoknya semua serba 9 deh, sobat teen.


Sobat teen, pemuda itu kan pada dasarnya adalah agen perubahan. Nah makanya ayo sobat teen dari sekarang mulai Brave to Change dan ubah Indonesia jadi lebih baik dengan tidak merokok. (@9cm_ID)


Editor: Vivi Zabkie

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Ngotot Gelar Pilkada 2020, Golput Mencuat