Bau Kaki Bisa Selamatkan 600 Ribu Jiwa

Kaki bau? Kaos kaki bau? Aduh, jauh-jauh deh! Tapi tahu enggak kalau bau kaki ini bisa menyelamatkan 600 ribu nyawa?

Kamis, 18 Jul 2013 13:24 WIB

Author

Vivi Zabkie

Bau Kaki Bisa Selamatkan 600 Ribu Jiwa

Bau Kaki, Teen Voice, Fakta Unik

Kaki bau? Kaos kaki bau? Aduh, jauh-jauh deh! Tapi tahu enggak kalau bau kaki ini bisa menyelamatkan 600 ribu nyawa?

Penelitian yang dilakukan oleh London School of Hygiene and Tropical Medicina menujukkan kalau nyamuk pembawa parasit malaria tiga kali lebih menyukai bau kaki dan kaos kaki dibanding dengan nyamuk yang tidak membawa malaria.

Tahu kan, kalau Malaria yang disebabkan oleh parasit Pasmodium yang  berbahaya banget kalau sudah menginfeksi manusia. Bayangkan setahun saja malaria sudah membunuh 600 ribu orang.

Nah penemuan soal bau kesukaan nyamuk malaria ini menurut para ahli bisa jadi jalan untuk memerangi parasit itu. Mereka berharap bisa membuat semacam perangkap nyamuk malaria yang menggunakan bau  kaki ini.  Cara ini bila berhasil nih, bisa menggantikan penggunaan insektisida. Insektisida dinilai gak efektif karena nyamuk malaria makin resisten alias tahan sama obat kimia ini.

Nah, sekarang jadi tambah satu alasan kan mengapa kita harus menjaga kaki tetap bersih dan bebas bau! (gogonews.com)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Meningkat Netizen Pakai Petisi di Platform Digital