Bangun Citra Positifmu di Sosial Media!

Patrick Mott, seorang pelajar SMA di Canada, membagi tipsnya tentang bagaimana cara menggunakan sosial media untuk membangun citra dan reputasi yang positif di dunia online.

Kamis, 18 Jul 2013 12:39 WIB

Author

Rizki Triana

Bangun Citra Positifmu di Sosial Media!

sosial media, tips, bijak, internet aman, remaja

Sobat teens pasti sudah sangat akrab dengan sosial media. Tidak bisa dipungkiri kehadiran sosial media sangat berperan dalam mempermudah komunikasi kita dengan keluarga, teman, pacar, dll. Kini setiap orang dapat mengenal satu sama lain tanpa harus pernah saling bertatap muka.


Kita mengunggah pemikiran dan aktifitas kita dalam sosial media dan memberi informasi yang dapat diakses semua orang dengan mudah. Pada akhirnya sosial media yang kita punya, menjadi gambaran diri kita.


Sobat teen, meskipun demikian, jika penggunaanya tidak tepat, sosial media dapat menjadi  serangan balik untuk kita sendiri loh. Jadi sobat teen harus tetap bisa menggunakan social media secara positif dan sesuai dengan takarannya.


Teman kita, Patrick Mott, seorang pelajar SMA di Kanada, membagi tipsnya tentang bagaimana cara menggunakan sosial media untuk membangun citra dan reputasi yang positif di dunia online.


  1. Pastikan konten yang diunggah bersih dari hal-hal yang negatif. Contohnya  sobat teen sangat tidak disarankan mengunggah foto-foto pesta dengan alkohol atau foto yang terlalu seronok. Pastikan konten yang diunggah bersifat hal-hal positif yang merefleksikan diri sobat teen.
  2. Walaupun ada fitur privacy settings , jangan berharap unggahan sobat teen tidak dapat terlihat. Privacy settings  memang membuat orang lebih sulit untuk melihat namun bukan berarti tidak mungkin kan?
  3. Pikirkan apa karakter sobat teen yang  ingin dilihat oleh orang lain. Sobat teen harus mempunyai filter tersendiri terhadap apa yang ingin dan tidak ingin ditunjukan di dalam sosial media.



Setelah mengikuti tips ini, tidak ada salahnya sobat teen memeriksa ulang semua konten sebelum diunggah. Ingat! Sekali diunggah, jejak sobat teen di sosial media akan tetap terlihat meski telah dihapus.


Wah banyak juga ya yang harus dipikirkan sebelum bermain sosial media. Suka atau tidak sobat teen sebaiknya mengikuti tips tersebut jika tidak ingin salah langkah! Goodluck! (huffingtonpost)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste