BERITA

Puluhan Ibu Hamil di Jatim Positif Covid

Puluhan Ibu Hamil di Jatim Positif Covid

KBR, Surabaya-  Jumlah ibu hamil yang terjangkit Covid-19 di Jawa Timur cukup tinggi. Selama masa pandemi, jumlah ibu hamil positif Covid-19 yang dirawat di RSU dr Soetomo mencapai 35 orang.

"Kalau kita lihat confirm  antibodi artinya rapid test. Total  69.  Kemudian confirm PCR, ini berarti swab.  ODP, PDP, kemudian pnemonia noncovid, tidak terbukti covid. Jadi yang PCR positif itu 35," kata Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim dr Joni Wahyuhadi, Senin   (22/6/2020) malam.

Dia mengatakan, untuk mencegah penularan, rumah sakit segera memisahkan bayi yang baru lahir agar tidak terpapar droplet ibunya.

"Penularan corona virus melalui darah bukan droplet. Jadi kalau bayinya bagus besoknya akan dipulangkan terlebih dahulu. Dan segera kita pisahkan dari ibunya," tandasnya.

Kata  Joni, dari 35 ibu hamil positif Covid-19 itu, sebagian besar sudah dipulangkan karena sudah sehat. Menurut dia, setelah dipisahkan dari bayinya, biasanya sang ibu akan dirawat dengan prosedur Covid-19 dan diisolasi secara ketat.

"Bayinya sudah pulang duluan kalau stabil. Dan alhamdulilah sebanyak 35 pasien positif itu pulang selamat," jelas Direktur RSU dr Soetomo itu.

Meski demikian, kata Joni, sejauh ini, RSU dr Soetomo tidak menemukan ada bayi yang terpapar Covid-19. 

"Dengan cepat dipisahkan semoga negatif. Belum ada bayinya yang positif sejauh ini," pungkasnya.

Joni mengatakan, tim Gugus Tugas Pemprov Jatim juga sudah berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Salah satu rekomendasinya adalah menggunakan rumah Tropical Infectious Disease Hospital (RSPTI) milik Universitas Airlangga untuk rumah sakit rujukan bagi ibu hamil positif Covid-19. 

Editor: Rony Sitanggang

  • COVID-19
  • Presiden Jokowi
  • ibu hamil

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • dahlia4 years ago

    Kecewa dengan agen betting yang pernah anda jumpai tidak sesuai expetasi, langsung bergabung bersama GAJITOTO saja yang pastinya tidak akan mengecewakan anda, dan berani memberikan banyak pilihan bonus sesuai yang anda inginkan, buktikan sekarang juga Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>