Pemprov DKI Izinkan Mal Beroperasi Senin Depan, Bioskop Belum Boleh Buka

"Karena alasannya wabah penyakit, maka pada saat mulai beroperasi, dia harus beroperasi untuk tetap membuat pengunjung merasa aman,"

BERITA | NASIONAL

Jumat, 12 Jun 2020 08:47 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Pemprov DKI Izinkan Mal Beroperasi Senin Depan, Bioskop Belum Boleh Buka

Gubernur Anies memantau persiapan pembukaan mal, Kamis (12/06).

KBR, Jakarta-  Pemprov DKI Jakarta memastikan pusat perbelanjaan atau mal bisa dibuka pada 15 Juni mendatang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pengelola mal yang akan dibuka mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Di antaranya memberi batas pengunjung sebesar 50 persen, mewajibkan penggunaan masker, serta ada pemeriksaan suhu di setiap pintu masuk.

"Pemprov DKI Jakarta sudah menetapkan bahwa tanggal 15 Juni pusat perbelanjaan akan bisa mulai beroperasi. Dan itu harus ada persiapan. Karena kita menyadari bahwa tiga bulan kegiatan berhenti itu karena alasan wabah penyakit. Karena alasannya wabah penyakit, maka pada saat mulai beroperasi, dia harus beroperasi untuk tetap membuat pengunjung merasa aman," ujar Anies saat meninjau simulasi pembukaan mal di daerah Jakarta Utara, Kamis (11/6/2020).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menambahkan, meski mal sudah boleh beroperasi, namun ada beberapa tempat yang tidak boleh dibuka selama masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Di antaranya bioskop, tempat bermain anak, fasilitas kebugaran, pameran atau pergelaran, hingga hall atau aula untuk resepsi.

Kata Anies, tempat-tempat tersebut dilarang dibuka karena ada potensi penyebaran yang lebih tinggi serta untuk melindungi kelompok yang rentan tertular Covid-19.

Pemprov DKI akan memantau dan mengawasi operasional mal saat masa transisi. Jika ditemukan ada pelanggaran, Pemprov akan tegas memberikan teguran bahkan penutupan sementara.

Anies menekankan, dengan dibukanya mal bukan berarti semua orang bebas bepergian. Ia melarang orang-orang yang sakit atau memiliki gejala mirip Covid-19 untuk keluar rumah.

"Saat ini status Jakarta masih PSBB, masa transisi benar, tapi masih statusnya PSBB. Artinya bila tidak harus bepergian, maka di rumah saja. Tapi bila akan bepergian, pastikan nomor satu harus sehat," tambahnya.  

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Stephanie: Mengubah Stigma Menjadi Empati