BERITA

Gara-Gara Dispenser Disita, Napi Mengamuk dan Membakar Lapas Sigli

Gara-Gara Dispenser Disita, Napi Mengamuk dan Membakar Lapas Sigli

KBR, Aceh – Kebakaran terjadi di Lembaga Permasyarakatan Kelas II-B Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh pada Senin (3/6/2019) siang. Insiden ini menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Aceh, Meirah Budiman diduga akibat narapidana yang mengamuk lantas membakar ruang kerja Kepala Pengamanan Lapas serta fasilitas lain.

Kata dia, emosi itu dipantik oleh penyitaan dispenser dari bilik napi oleh seorang petugas sipir.

"Ada misskomunikasi antara petugas dan warga binaan. Jadi pegawai kami itu tanpa sepengetahuan kepala rutan, mengambil dispenser yang ada dalam kamar hunian warga binaan," jelas Meurah di Aceh, Senin (3/6/2019).

Lapas Sigli dihuni oleh 566 narapidana. Saban bulan Ramadan, pengelola penjara memang membagikan dispenser untuk penghuni.

Meurah Budiman mengklaim, pengambilan dispenser tersebut merupakan inisiatif petugas. Yang akhirnya, memicu kemarahan para tahanan.

Baca juga:

    <li><b><a href="https://kbr.id/NUSANTARA/05-2019/pasca_rusuh__puluhan_napi_penjara_langkat_masih_buron/99288.html">Pasca-Rusuh, Puluhan Napi Penjara Langkat Masih Buron</a>&nbsp;<br>
    
    <li><b><a href="https://kbr.id/nasional/12-2018/lapas_penuh__dirjen_pas_ajukan_rehabilitasi_45_ribu_napi_narkoba/98493.html">Dirjen PAS Ajukan Rehabilitasi 45 Ribu Napi Narkoba Lantaran Lapas Penuh</a></b></li></ul>
    

    red

    Pemadam kebakaran menyemprotkan air ke Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Sigli usai terjadinya kerusuhan di Aceh, Senin (3/6/2019). (Foto: ANTARA/ Rizal Rahmad)

    "Narapidana ada sedikit marah karena ada tindakan pegawai mengutip atau mengambil dispenser yang sebelumnya dibagi Karutan untuk membantu memperlancar puasa saat sahur dan berbuka di seluruh blok hunian."

    Akibat kebakaran tersebut, fasilitas perkantoran serta beberapa ruang musnah dilalap api.

    "Apinya sudah berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran (Damkar). Saya dari Banda Aceh langsung turun ke lokasi untuk mengecek secara langsung. Kami lagi data dan evaluasi," tutur Meurah.



    Editor: Nurika Manan 

  • lapas rusuh
  • Aceh
  • Sigli
  • Kabupaten Pidie
  • kerusuhan Lapas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!