BERITA

Puncak Mudik di Pelabuhan Merak Malam ini dan Besok

Puncak Mudik di Pelabuhan Merak Malam ini dan Besok

KBR,Jakarta- Direktur Utama PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Ira Puspadewi mengatakan prediksi arus mudik untuk penyebangan di pelabuhan Merak, Banten akan terjadi pada hari ini khususnya pada malam hari atau besok pada 13 Juni. Ia mengatakan prediksi puncak penumpang memang berbeda dari tahun sebelumnya lantaran adanya libur panjang.

"Temen wartawan banyak yang nanya kapan nih puncaknya persis, ini agak berbeda memang namanya puncaknya jumlah angka puncak tahun lalu dengan tahun sekarang berbeda. Karena sebaran liburannya lebih panjang jadi agak berbeda. Catatan perkiraan mungkin puncaknya bisa hari ini atau besok," ujar Ira, kepada wartawan di pelabuhan Merak, Selasa (12/06/2018).


Menurut catatan ASDP, pada hari Senin, penumpang berjumlah 18.300an orang, sedangkan perkiraan hari ini hingga malam hari  akan naik 2 kali lipat menjadi 31 ribu lebih penumpang. Sedangkan untuk pengendara roda empat pada Senin berjumlah 13 ribu, diperkirakan meningkat pada malam ini menjadi 16 ribu penumpang. Selain itu lonjakan tinggi juga diperkirakan akan terjadi untuk pengendara roda dua, pada Senin berjumlah 10 ribu diperkirakan malam ini mencapai 21 ribu.

red


"Peningkatan memang masih akan terus ada, yang kita paling awasi itu untuk pengendara motor karena tahun ini meningkat juga. Bahkan kita antisipasi lonjakan bisa sampai 70 persen." Ujarnya.


Ira juga menghimbau kepada masyarakat yang belum melakukan perjalanan, dan hendak mudik menggunakan penyeberangan untuk segera membeli tiket melalui sistem online. Menurut Ira, pembelian secara online bisa mengurangi penumpukan pada loket-loket pelayanan, atau jika tidak masyarakat bisa membeli secara langsung di loket bufferzone yang disediakan di KM 43 merak dan hotel Mangku Putra pelabuhan Merak.


"Peminat online ini masih sangat sedikit, padahal layanan online sangat membantu dan menghindari kemungkinan penumpukan yang bisa terjadi. Dan kami himbau juga untuk masyarakat yang akan mudik, melakukan perjalanan pada waktu siang hari atau selambat-lambatnya setelah waktu berbuka. Karena jika semua menumpuk pada malam hari akan menimbulkan antrean yang cukup panjang." Ujar Ira.


Editor: Rony Sitanggang

  • mudik lebaran 2018
  • Direktur Utama PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP)
  • Ira Puspadewi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!