Share This

Mudik H-2, Jembatan Kalikuto Batang Sore ini Difungsikan

"Jalur mudik itu kita jadikan jalur balik 1 arah."

BERITA , NUSANTARA

Rabu, 13 Jun 2018 19:40 WIB

Pemudik melintasi Jembatan Kalikuto di perbatasan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (13/6). (Foto: Antara)

KBR, Semarang- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka fungsional jembatan tol Kalikuto, Gringsing, Kabupaten Batang mulai Rabu (13/08) sore. Meski Menteri Perhubungan, Budi Karya mengusulkan jembatan tersebut hanya dioperasikan selama 12 jam, namun Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyampaikan jembatan selebar 4 meter ini akan difungsikan 24 jam  hingga Minggu, 24 Juni 2018.

"Sekaligus mengumumkan, arus mudik akan kita balik hari Senin (18/06) jam 6 pagi. Jalur mudik itu kita jadikan jalur balik 1 arah. Ini adalah arahannya bapak Kapolda," ujar Basuki di Jembatan Kalikuto, Batang, Rabu (13 / 06 / 2018).

Jembatan fungsional Kalikuto, Batang saat ini masih menggunakan konstruksi sementara dan dapat menahan beban hingga 16 ton. Berdasarkan uji yang dilakukan oleh Kementerian PUPR  jembatan ini dapat menahan dump truk roda 12 dan eskavator.

Direktur Operasi II Waskita Karya, Bambang Rianto mengatakan jembatan Kalikuto merupakan penghubung jalur yang terputus pada tol Batang sampai Semarang. Pada arus mudik 2018 ini, jembatan Kalikuto diselesaikan dengan menggunakan konstruksi temporer.

"Total panjangnya 164 meter. Kemudian bentang tengah yang ada lengkungannya itu 100 meter," kata Bambang kepada KBR, Rabu (13/06).

Pemerintah menargetkan Jembatan Kalikuto akan selesai menggunakan konstruksi pemanen pada September 2018.

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah, Condro Kirono mengatakan  akan menempatkan rambu-rambu peringatan serta petunjuk pada jalur tol fungsional ini. Condro pun menyampaikan, kendaraan yang melintas di Jembatan Kalikuto hanya diperkenan menggunakan kecepatan 10 km/jam.

Jembatan Kalikuto diperkirakan dapat memotong waktu tempuh Brebes menuju Semarang hingga 1,5 jam.

"Ya kalau kecepatan sampai Brebes-Semarang yang biasa ditempuh 4 hingga 4,5 jam, sekarang bisa ditempuh 2,5 jam. Jadi bisa menghemat waktu 1 jam atau 1,5 jam," ujar Condro kepada KBR.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.