INDONESIA

Kuil Hindu Bersejarah di Pakistan Terancam

"Kaum minoritas Hindu melihat ini sebagai pelecahan terhadap kepercayaan mereka di negara mayoritas Muslim itu."

Shadi Khan Saif

Kuil Hindu Bersejarah di Pakistan Terancam
Pakistan, Hindu, Kuil, Konstruksi, Shadi Khan Saif

Sebuah kuil Hindu di Pakistan terancam keberadaannya karena pembangunan sebuah gedung pencakar langit.

Para kontraktor berdalih proyek ini akan menguntungkan warga Karachi. Tapi kaum minoritas Hindu melihat ini sebagai pelecahan terhadap kepercayaan mereka di negara mayoritas Muslim itu.

Selama 150 tahun, Kuil Shri Ratneshwar Mahadev, menjadi pusat spiritualitas dan perayaan keagamaan bagi pemeluk Hindu yang tinggal di kota bagian selatan Pakistan, Karachi.

Tiap tahun, perayaan besar yang diadakan di kuil itu menarik lebih dari 25 ribu peziarah dari seluruh negeri.

Tapi tak jauh dari situ, taipan properti Malik Riaz sedang membangun gedung tertinggi di Pakistan.

Untuk memudahkan arus lalu lintas dekat proyek itu, sebuah jalan layang dan jalan bawah tanah juga dibangun di sana.

Komunitas Hindu khawatir kuil itu terlalu rapuh untuk bertahan dari pengeboran berat yang terjadi di sekitarnya.

Salah seorang umat Hemat Kumar Rajput yakin, ini sama dengan menyerang kepercayaan minoritas di sana.

“Tempat ibadah kami berulang kami menjadi target tapi kami sejauh ini kami tetap aman. Kami berharap kami-lah yang akan menang.”

Jumlah penganut Hindu di Pakistan sekitar tiga persen atau 180 juta jiwa dari keseluruhan penduduk.

Dewan Agama Hindu dan aktivis Hak Asasi Manusia sudah beberapa kali beraksi unjuk rasa menentang pembangunan gedung pencakar langit itu.

Zohra Yusuf adalah ketua Komisi Hak Azazi Manusia Pakistan (HRCP).

“Anda tidak melihat ada kuil atau gereja baru yang dibangun di negeri ini. Yang bermunculan adalah masjid-masjid baru. Jadi mayoritas Islam di negeri ini punya tanggung jawab yang lebih besar untuk melindungi tempat ibadah seperti ini.”

Komunitas Hindu Pakistan sudah membawa masalah ini ke pengadilan yang sebelumnya sudah memerintahkan pembangunan gedung itu dihentikan sementara.

Tapi setelah sidang banding, pengadilan membolehkan pengembang untuk melanjutkan proyek itu.

Pengembang Commercial Plaza, ‘Bahria Foundation’, yakin proyek itu penting bagi ‘kemakmuran’ kota itu dan Kuil itu tidak akan rusak. 

“Kami berusaha mengubah rancangan gedung untuk memastikan proyek ini tidak akan merusak kuil.”

Dalam beberapa bulan ini, beberapa kuil Hindu di kota Larkana, Hyderabad dan Mithi diserang kelompok Muslim. Serangan ini merupakan ‘balasan’ atas dugaan penghinaan terhadap Islam selama festival Hindu Holi.

Dan umat Hindu di Kuil Ratneshwar seperti Shakeel Malani tidak percaya pada negara. Yang bisa dia lakukan hanya meminta bantuan Dewa.

Umat Hindu Hemat Kumar Rajput  mengatakan meski kuil itu berhasil bertahan dari pengeboran dan penggalian, komplek komersial raksasa itu akan mempersulit akses menuju kuil.

“Ini sudah terjadi dengan kuil lain. Kami terus bersuara tapi tidak ada yang terjadi dan sekarang akses ke kuil itu jadi sulit. Dan hal yang sama juga akan terjadi pada kuil ini.”

Di luar kuil, pembangunan berjalan dengan kekuatan penuh. Pengembang ingin membangun gedung tertinggi di Pakistan ini dalam beberapa bulan.



  • Pakistan
  • Hindu
  • Kuil
  • Konstruksi
  • Shadi Khan Saif

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!