BERITA

KPU Tambah Dua juta Surat Suara

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) menambah dua juta lembar surat suara untuk Pemilu Presiden Juli mendatang ."

KPU Tambah Dua juta Surat Suara
surat suara, pilpres, KPU

KBR, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menambah dua juta lembar surat suara untuk Pemilu Presiden Juli mendatang . 


Anggota KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan, penambahan surat suara mengikuti jumlah daftar pemilih tetap yang telah ditetapkan secara nasional oleh KPU pada 13 Juni lalu. 


Kata dia, hanya ada sedikit pembaharuan kontrak produksi dan distribusi surat suara dengan perusahaan percetakan.


"DPT kami tetapkan belakangan, baru-baru ini saja. Sedangkan kebutuhan untuk mencetak itu harus jauh-jauh hari. Nah, pada saat itu kami menggunakan seperti pemilu legislatif, data pemilih yang belum selesai menjadi Daftar Pemilih Tetap,” kata Hadar. 


“Jadi, kami menggunakan namanya Daftar Pemilih Hasil Perbaikan. Ada perubahan sedikit yang tentu kita harus mencetak tambahannya. Dan itu memang sejak awal perjanjian kontraknya sudah seperti itu," tambahnya. 


Hadar Nafis Gumay menyebut, proses pencetakan surat suara ditargetkan selesai sekitar 28 Juni mendatang. 


Sebelumnya,  KPU mencatat dalam surat Keputusan KPU Nomor 355 kontrak awal surat suara yang dicetak sebanyak 192.226.976 lembar. Data pencetakan surat suara itu sesuai Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Pasalnya, nilai kontrak surat suara mencapai Rp 24 miliar.


Editor: Antonius Eko 


  • surat suara
  • pilpres
  • KPU

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!