BERITA

Diprediksi Ada Koalisi Baru Pasca Pilpres

Diprediksi Ada Koalisi Baru Pasca Pilpres

KBR, Jakarta - Pasangan Capres-Cawapres PDIP, Joko Widodo-Jusuf Kalla memprediksi koalisi baru akan terbentuk pasca pemilihan presiden 2014.

Juru bicara Jokowi-JK, Anies Baswedan mengatakan, pembentukan koalisi baru tersebut biasanya untuk mengamankan hubungan antar partai dengan pemenang pilpres. Menurutnya, hal tersebut masih mungkin terjadi siapapun pemenangnya. Baik itu kubu Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK.

"Saya kira pada 10 Juli, setelah pengumuman hasil Pemilu, koalisi yang sudah terbentuk akan rontok. Mungkin kita akan melihat adanya bentuk koalisi yang berbeda. Terutama karena pemerintahan yang baru akan diresmikan pada Oktober. Masih ada banyak ruang bagi parpol untuk mulai mengamankan hubungan yang lebih baik dengan siapa pun yang bakal menang Pemilu kelak," jelas Anies.

Sebelumnya KPU telah menetapkan dua pasangan capres dan cawapres yang akan bertarung pada pemilihan presiden pada 9 Juli mendatang, Prabowo Subianto-Hatta Radjasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Kedua pasangan ini didukungan oleh partai pendukungan yang juga siap berkoalisi di parlemen.

Pasangan Prabowo-Hatta yang diusung Partai Gerindra didukung oleh PPP, PKS, PAN dan Golkar. Sementara pasangan Jokowi-JK yang diusung PDIP didukung oleh Nasdem, PKB, PKPI.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • prabowo
  • hatta
  • jokowi
  • pemilu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!