Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Jatuh pada Ahad

"Dari 80 titik semuanya melaporkan tidak melihat hilal. Oleh karenanya hisab posisi hilal di bawah ufuk. Dan rukyat tidak melihat hilal."

BERITA | NASIONAL

Jumat, 22 Mei 2020 19:43 WIB

Author

Heru Haetami

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Jatuh pada Ahad

Petugas Kemenag Sumbar memantau hilal di Gedung Kebudayaan di Padang, Jumat (22/5). (Antara/Iggoy)

KBR, Jakarta-  Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1441 H jatuh  24 Mei 2020. Dengan demikian hari raya Idulfitri 2020 dilaksanakan pada Minggu (24/5/2020). Penetapan 1 Syawal disampaikan langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi dalam gelaran sidang isbat di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (22/5/2020).

"Dari 80 titik semuanya melaporkan tidak melihat hilal. Oleh karenanya hisab posisi hilal di bawah ufuk. Dan rukyat tidak melihat hilal. Maka sidang isbat menyatakan 1 Syawal jatuh pada hari Ahad, 24 Mei 2020," kata Fachrul saat kenferensi pers di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan sidang isbat diawali oleh pemaparan kehadiran hilal di seluruh wilayah Indonesia. Fachrul menyebut penentuan hilal dilakukan dengan dua metode yakni hisab atau perhitungan dan metode rukyat atau diamati secara langsung.

"Pemerintah dari dulu selalu menggunakan kedua metode tersebut," katanya. 

Editor: Rony Sitanggang 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Jepang Cabut Status Darurat Covid-19

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabr Baru Jam 18

Persiapan Pemerintah Hadapi New Normal