Netflix dan Spotify Kena Pajak Mulai Juli 2020

Pajak dikenakan untuk berbagai produk digital seperti layanan streaming musik dan film, aplikasi dan games, serta jasa daring lainnya yang memiliki kehadiran ekonomi signifikan.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 27 Mei 2020 16:52 WIB

Author

Adi Ahdiat

Netflix dan Spotify Kena Pajak Mulai Juli 2020

Ilustrasi: Konsumen sedang memilih film yang tersedia di Netflix. (Foto: Pixabay/Andres Rodriguez)

KBR, Jakarta - Perusahaan digital seperti Netflix dan Spotify akan dikenai Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen mulai 1 Juli 2020.

Hal itu sudah ditetapkan pemerintah lewat sejumlah aturan baru terkait penanganan pandemi Covid-19, yakni:

"Melalui aturan ini, produk digital seperti layanan aliran (streaming) musik dan film, aplikasi dan permainan (games) digital, serta jasa daring lainnya dari luar negeri yang memiliki kehadiran ekonomi signifikan dan telah mengambil manfaat ekonomi dari Indonesia melalui transaksi perdagangannya, akan diperlakukan sama seperti produk konvensional atau produk digital sejenis dari dalam negeri," jelas Kementerian Keuangan dalam siaran persnya, Rabu (27/5/2020).

"Penerapan PPN ini juga diharapkan dapat meningkatkan penerimaan negara dalam rangka menanggulangi dampak wabah Covid-19, dan menjaga kredibilitas anggaran negara serta stabilitas perekonomian negara di masa krisis global seperti ini," lanjutnya.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Eazy Passport, Solusi Ditjen Imigrasi di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17