Blibli dan Owens-Illinois Donasi Ribuan Hand Sanitizer Lewat #BagiAsa

“Sudah waktunya bagi seluruh pihak bersatu padu dalam menghadapi situasi ini dan bersama-sama memulihkan Indonesia."

BERITA | NASIONAL

Kamis, 28 Mei 2020 19:57 WIB

Author

Adi Ahdiat

Blibli dan Owens-Illinois Donasi Ribuan Hand Sanitizer Lewat #BagiAsa

Paket donasi hand sanitizer daari Blibli.com dan Owens-Illinois Indonesia. (Foto: Kemal Gani)

KBR, Jakarta - Perusahaan e-commerce Blibli.com bersama perusahaan pengemasan botol kaca Owens-Illinois Indonesia (O-I) menyumbangkan 6.600 botol hand sanitizer bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sebanyak 1.500 botol di antaranya disalurkan lewat #BagiAsa, sebuah gerakan sosial hasil kolaborasi empat media yakni Katadata, Bisnis Indonesia, SWA, KBR, bersama kantor pengacara Hendra Soenardi.

“Sudah waktunya bagi seluruh pihak bersatu padu dalam menghadapi situasi ini dan bersama-sama memulihkan Indonesia,” tutur Sindu Sirat selaku Vice President Express Delivery Blibli.com (16/5/2020).

Sejak Covid-19 mulai mewabah di Indonesia, Blibli.com melakukan edukasi baik kepada karyawan, mitra pedagang, mitra logistik, pelanggan, serta masyarakat secara luas agar selalu menjaga kebersihan diri dan sekitarnya melalui kampanye #KarenaSehatNo1.

“Blibli bersama seluruh mitra strategis kami akan terus menyatukan semangat untuk mendukung masyarakat Indonesia agar bersama-sama dapat menghadapi dan melewati situasi pandemi ini,” ujar Sindu.

Arman Hasan Poeloengan, Human Resource and Corporate Affair Director O-I, menuturkan hand sanitizer ini diberikan kepada masyarakat dalam kemasan botol kaca agar lebih ramah lingkungan.

“Ketika botol digunakan dalam proses daur ulang, kami mengeluarkan emisi karbon yang lebih rendah, menggunakan lebih sedikit energi, dan kami tidak memiliki banyak limbah. Ini membantu meningkatkan keberlangsungan sustainability lingkungan di Indonesia,” kata Arman. 

Ribuan botol hand sanitizer ini diberikan kepada masyarakat di kawasan Jakarta Timur, mulai dari kalangan karyawan, petugas dari berbagai kedinasan pemerintah, sampai warga yang tinggal di sekitar pabrik.


Tentang #BagiAsa

#BagiAsa merupakan gerakan sosial hasil kolaborasi empat media yaitu Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR bersama kantor pengacara Hendra Soenardi. Dalam pelaksanaannya gerakan ini juga bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FoI) dan Accelerice.

Gerakan #BagiAsa lahir atas keprihatinan terhadap masyarakat yang terdampak akibat penyebaran virus Covid-19. Sebagian besar dari mereka harus kehilangan mata pencaharian akibat PHK atau usaha yang dimiliki sepi pembeli. 

Di samping sembako, bantuan juga disalurkan dalam bentuk makanan yang pengelolaan dan pendistribusiannya dilakukan FoI melalui tata laksana yang ketat. FoI akan mengontrol kualitas makanan hingga penyaluran ke kelompok yang membutuhkan sesuai dengan protokol pencegahan penularan Covid-19 dengan memperhatikan aspek higienitas.

Jaringan relawan FoI akan mendistribusikan bantuan ke berbagai tempat. Sedangkan penyediaan kebutuhan makanan siap saji dilakukan oleh Accelerice. 

Gerakan #BagiAsa juga memberi donasi berupa alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis. Mengingat tenaga medis rentan tertular Covid-19 saat menjalankan tugasnya. 

Individu atau korporat yang ingin berpartisipasi dapat menyalurkan donasi ke Rekening Yayasan Lumbung Pangan Indonesia di Bank BNI: 2005202055.

Setiap donasi yang diterima dan disalurkan lewat #BagiAsa akan diaudit oleh auditor independen. Selain itu, penyaluran bantuan secara rutin akan dilaporkan di kanal media Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR, serta platform media sosial semua pihak yang terlibat dalam gerakan ini.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - BERITA

Most Popular / Trending

Slovakia Akan Gelar Tes Covid-19 Gratis

Eps6. Masyarakat Peduli Api

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Hoaks Covid Terus Berjangkit